Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Menemukan Aroma Parfum yang Cocok untuk Kamu

KOMPAS.com - Menemukan parfum yang sempurna bukanlah hal yang mudah. Setiap orang memiliki karakter dan gaya yang unik serta beragam.

Ada yang suka tampil dengan setelan jas, sementara yang lain lebih suka pakaian kasual. Beberapa mungkin botak, sementara yang lain punya rambut sebahu. Setiap orang punya selera gaya sendiri yang mencerminkan kepribadiannya.

Karenanya setiap individu berhak menemukan 'aroma khas' mereka sendiri, yang bisa diidentifikasi oleh orang lain sebagai bagian dari mereka. Ini adalah aroma yang menjadi tanda pengenal pribadi dan mencerminkan kepribadian kita.

Berikut tips menemukan aroma parfum terbaik untuk kamu.

Jangan terlalu memikirkannya

Parfum ideal untukmu pasti ada di antara berbagai pilihan di luar sana. Tapi kamu tak perlu terburu-buru memborong semua wewangian untuk menemukan mana yang cocok.

Menemukan aroma khas tidak harus dengan mencoba sebanyak mungkin wewangian hingga ada yang cocok.

Sebaliknya, ini adalah tentang mengetahui kesukaan, ketidaksukaan, dan kebutuhan wewangian kamu sendiri, lalu berbelanja parfum yang sesuai dengan pilihan tersebut.

Pada dasarnya, kebanyakan parfum memiliki aroma yang menarik, sehingga tidak perlu terlalu dipusingkan oleh proses ini. Langkah awal yang paling penting adalah mulai mencium berbagai wewangian untuk mengidentifikasi aroma yang paling kamu sukai.

Seperti yang dikatakan oleh Tom Ford, "Bermainlah dengan suasana hati kamu: Saya suka menyimpan beberapa pilihan wewangian untuk suasana hati yang berbeda."

Percayai penilaian aroma kamu sendiri

Siapa yang benar-benar mengenal kamu dengan baik? Pasangan kamu mungkin, atau mungkin ibu kamu? Ataukah teman-teman kamu yang selalu bersama?

Tentu saja, orang-orang terdekat dalam hidup akan memiliki pemahaman yang baik tentang karaktermu. Namun, pada akhirnya, yang paling mengenal kamu adalah dirimu sendiri.

Sama seperti gaya pribadi, kita mungkin berharap agar semua orang di sekitar kita menyukai aroma yang kita kenakan. Sayangnya, hal itu hampir tidak mungkin.

Mungkin sebagian besar orang akan menyukai pilihan parfummu, tetapi selalu ada kemungkinan yang berpendapat, 'Ya ampun, orang itu baunya tidak enak!'

Penting untuk mengetahui apa yang paling cocok untuk kamu dan bagaimana cara membeli parfum yang sesuai dengan hal tersebut.

Pertimbangkan aroma yang kamu sukai. Kemudian pertimbangkan wewangian yang disukai orang yang kamu cintai, dan terakhir pertimbangkan wewangian yang disukai semua orang.

Uji, uji dan uji lagi

Jika tujuannya adalah menemukan parfum terbaik yang cocok dengan kamu, mencoba beberapa sampel sebelum membuat keputusan akhir sangatlah penting.

Saat kamu mencari aroma yang sesuai, tempat terbaik untuk mencoba parfum adalah di pusat perbelanjaan.

Alasannya simpel, di bagian parfum kamu akan menemukan ratusan sampel yang dapat diakses secara gratis. Kamu bisa mencoba dan mencium berbagai aroma sesuai keinginan.

Pakai wewangian kamu setiap hari

Parfum terbaik adalah yang dapat kamu kenakan secara konsisten tanpa merasa bosan dengan aromanya.

Oleh karena itu, saat memilih aroma yang ingin kamu jadikan sebagai ciri khas, pastikan bahwa itu bukanlah aroma yang akan membuat kamu bosan setelah beberapa bulan pemakaian.

Artinya, penting untuk memberi diri kamu sebanyak mungkin paparan terhadap aroma tersebut.

Pakailah parfum itu setiap hari dan pastikan kamu menyemprotkannya dalam jumlah yang cukup agar parfum tersebut dapat bertahan lama. Jangan berlebihan, 3 atau 4 semprotan sudah cukup.

Tips: Jangan langsung membeli botol besar sebagai awal. Banyak rumah parfum menawarkan botol kecil dan sampel yang dapat kamu gunakan untuk menguji apakah kamu menyukai aroma itu sebelum berinvestasi dalam botol besar yang mahal.

Lakukan riset

Cara lain yang sangat efektif untuk menemukan aroma khas kamu adalah dengan melakukan riset mendalam dan memahami sebanyak mungkin komponen sejarah, dan ilmu pengetahuan tentang aroma tersebut.

Jika kamu mengetahui berbagai aroma yang berbeda dalam sebuah parfum, asal-usul parfum tersebut, dan bagaimana parfum tersebut dibuat dari bahan hingga ke botolnya, maka kamu akan lebih menghargai detail-detail yang lebih halus dari produk tersebut.

"Fragrance notes" adalah komponen-komponen penyusun aroma kamu bisa membayangkan mereka sebagai lapisan-lapisan yang berbeda yang menyusun sebuah aroma yang kompleks.

Top Notes: Ini adalah aroma awal yang dirasakan ketika kamu menyemprotkan parfum. Biasanya hanya bertahan selama 15 menit - 2 jam.

Heart Notes: Ini adalah elemen utama dari wewangian dan menunjukkan karakter sejati dari parfum. Bertahan lebih lama daripada top notes, yaitu sekitar 3-5 jam.

Base Notes: Ini adalah lapisan terakhir yang berkembang dalam wewangian dan memberikan fondasi yang kokoh. Base notes memiliki umur panjang, bisa mencapai 5-10 jam.

Selain itu, parfum juga dapat dikategorikan berdasarkan musim:

Wewangian musim panas: Aromanya lebih ringan seperti citrus dan bunga. Bertahan sekitar 5-7 jam.

Wewangian musim dingin: Aromanya lebi berat dengan aroma dasar yang kuat seperti kayu dan tembakau. Biasanya bertahan setidaknya 10 jam.

Membangun koleksi wewangian

Kamu tidak harus terpaku pada satu aroma khas saja. Jika kamu bermain dengan benar, kamu bisa memiliki koleksi aroma yang dapat kamu tukar-tukar sesuai keinginan.

Kita memiliki kebebasan untuk memakai wewangian yang berbeda pada waktu yang berbeda dalam sehari, dalam seminggu, atau bahkan sepanjang tahun:

  • Wewangian untuk siang hari dapat berbeda dengan wewangian malam hari.
  • Aroma untuk hari kerja mungkin berbeda dengan aroma untuk akhir pekan.
  • Parfum yang kamu kenakan di saat dingin pasti akan berbeda dengan yang kamu kenakan di saat panas.

Dengan kata lain, membangun koleksi wewangian yang cerdas dan sesuai dengan selera kamu akan membantu melewati setiap momen dengan wangi yang memikat.

Namun, sebaiknya kamu tetap konsisten dalam memilih aroma yang berbeda di koleksi wewangian kamu.

Jika kamu dikenal dengan jenis aroma tertentu, beralih secara drastis ke parfum yang sangat berbeda bisa menimbulkan beberapa pertanyaan.

Untuk memastikan bahwa aroma khas kamu yang berbeda tetap memiliki konsistensi, pilihlah parfum yang memiliki beberapa bahan yang sama sehingga ada sedikit kesamaan antara wewangian yang kamu kenakan di waktu yang berbeda.

 

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/11/25/114138320/tips-menemukan-aroma-parfum-yang-cocok-untuk-kamu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke