Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Pilih Produk Skincare untuk Kulit Sensitif ala Abel Cantika

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencoba berbagai produk skincare (perawatan kulit) bisa berdampak kurang baik bagi kulit. Misalnya, kulit wajah bisa jadi iritasi dan berjerawat, atau breakout.

Hal ini pun dialami oleh beauty influencer Abel Cantika, saat harus berganti produk skincare dan makeup (dandanan) demi pekerjaannya.

Perempuan berusia 29 tahun itu mengatakan, awalnya ia memiliki tipe kulit yang normal ke kering, tapi kemudian berubah jadi sensitif setelah menjadi beauty influencer.

Abel, sapaan akrabnya, pun berbagi tips memilih produk skincare untuk pemilik kulit sensitif kepada Kompas.com saat ditemui di Jakarta Barat, Selasa (30/1/2024).

Bahan-bahan seperti alkohol dan wewangian (fragrance) dalam produk skincare bisa menyebabkan jerawat pada kulit yang sensitif.

Untuk itu, Abel menyarankan orang-orang yang memiliki tipe kulit sensitif untuk menghindari kandungan ini dalam produk skincare.

"Biasanya kalau ada alkoholnya atau kadarnya cukup lumayan tinggi aku agak menghindari. Terus aku juga menghindari kandungan skincare yang ada fragrance-nya," kata dia.

Saat ini sudah banyak produk skincare yang diformulasikan dari bahan-bahan alami. Beberapa di antaranya dinilai baik untuk menenangkan kulit yang sensitif.

Abel pun kini lebih selektif dalam memakai produk skincare. Ia akan memilih produk yang mengandung bahan-bahan alami.

"Sekarang aku jadi pilih-pilih bahan skincare. Yang cocok banget di aku itu ada mugwort sama cica (Centella asiatica). Selain menenangkan kulit, bahan-bahan ini juga cocok untuk kulit yang berjerawat," jelas Abel.

Jika jerawat sudah semakin parah, Abel menyarankan untuk segera kembali ke produk skincare dasar atau basic skincare guna mencegah kulit semakin rusak.

Produk basic skincare umumnya meliputi pembersih wajah (cleanser), pelembap, dan sunscreen (tabir surya).

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/01/31/202000920/tips-pilih-produk-skincare-untuk-kulit-sensitif-ala-abel-cantika

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke