Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Merek Produk Kecantikan Lokal, Ada yang Go International 

KOMPAS.com - Merek atau brand kecantikan lokal semakin unjuk gigi dalam beberapa tahun terakhir. Lahir banyak brand kecantikan lokal dengan beragam inovasi produk yang tidak kalah dengan merek internasional. 

Brand kecantikan lokal tersebut menawarkan beragam produk, mulai dari makeup, skincare, haircare, hingga bodycare. Produk kecantikan lokal yang semakin berkualitas tersebut, berhasil menarik minat konsumen. 

  • 10 Rekomendasi Lipstik Lokal yang Perlu Dicoba
  • 5 Rekomendasi Serum Vitamin C Lokal yang Bagus

Brand kecantikan lokal

Berikut rekomendasi brand kecantikan lokal yang menawarkan beragam produk dari makeup, skincare, haircare, hingga bodycare, seperti dirangkum Kompas.com. 

Somethinc merupakan brand kecantikan lokal yang menjadi incaran kalangan beauty enthusiast Indonesia. Didirikan pada 2019 oleh Irene Ursula, Somethinc telah merilis banyak produk mulai dari skincare, makeup, haircare, hingga bodycare.

Somethinc mulanya menawarkan rangkaian produk skincare, seperti serum, pembersih wajah, dan moisturizer. Kemudian, produknya berkembang ke lini makeup, seperti cushion, eyeliner, eyeshadow, concealer, mascara, dan sebagainya. 

Saat ini, Somethinc telah berhasil berkolaborasi hingga menggandeng artis Korea Selatan sebagai brand ambassador yakni Han So Hee dan boyband NCT Dream. 

Brand kecantikan lokal yang satu ini sudah tidak asing lagi di kalangan beauty enthusiast. Wardah merupakan salah satu merek di bawah bendera PT Paragon Technology and Innovation yang sudah berdiri sejak 1985. 

Wardah memiliki rangkaian produk yang lengkap, mulai dari skincare, makeup, haircare, hingga bodycare. Keunggulan brand kecantikan lokal ini adalah branding sebagai produk halal, natural, dan bebas alkohol. 

Saat ini, Wardah telah go internasional menembus pasar global. Pada 2016, Wardah menjadi brand kecantikan asal Indonesia pertama yang menghadirkan workshop di ajang New York Fashion Week.

3. Emina 

Emina juga berada di bawah bendera PT Paragon Technology and Innovation. Bedanya, brand kecantikan lokal ini lebih menyasar perawatan kulit remaja. 

Emina menghadirkan beragam produk make up dan skincare. Koleksi make up Emina antara lain lipstik, liptint, lip matte, eyeshadow, eyeliner, mascara, blush, concealer, bedak, dan lainnya. 

Pada lini skincare, Emina merilis produk pembersih, serum, moisturizer, toner, dan masker. Karena menyasar kalangan remaja, produk Emina dibanderol dengan harga yang terjangkau untuk kalangan remaja. 

Banyak orang mengira Make Over adalah merek dari luar negeri. Padahal, Make Over adalah produk lokal yang berada di bawah naungan PT Paragon Technology and Innovation, bersama Wardah dan beberapa merek lain. 

Bedanya, Make Over lebih menyasar pasar makeup atau kosmetik. Beragam rangkaian produk makeup dari Make Over seperti lipstik, foundation, cushion,  eyeliner, eyeshadow, concealer, mascara, eye palette, dan sebagainya. 

Keunggulan Make Over adalah menyajikan produk yang sesuai dengan aneka skin tone. Make Over juga telah berhasil go internasional dengan ikut serta di ajang fesyen dunia. 

  • 5 Rekomendasi Parfum Lokal yang Wanginya Tahan Lama hingga 12 Jam
  • 11 Merek Fesyen Lokal Terkenal untuk Laki-laki

5. Whitelab 

Whitelab adalah brand kecantikan lokal yang didirikan oleh Jessica Lin pada 2020. Whitelab ingin memberikan solusi mengatasi berbagai permasalahan kulit orang Indonesia. 

Produk Whitelab diklaim terbuat dari bahan-bahan premium dan diformulasikan oleh para ahli, sehingga aman digunakan sehari-hari. Whitelab menawarkan produk perawatan muka dan tubuh. 

Mulai dari serum, essence toner, toner, pembersih muka, masker, body serum, dan underarm cream. Produk keluaran Whitelab ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau. 

Avoskin merupakan brand kecantikan lokal asal Yogyakarta, yang didirikan pada 2014. Mulanya, Avoskin menawarkan rangkaian produk skincare, seperti pembersih wajah, moisturizer, produk eksfoliasi, serum, dan toner. 

Produk Avoskin diterima kalangan beauty enthusiast Indonesia sehingga semakin berkembang. Kini, Avoskin juga meluncurkan produk bodycare. 

Avoskin memiliki komitmen untuk menyediakan produk berkualitas dan inovatif, dengan tiga prinsip, yakni People, Planet dan Profit. Brand kecantikan lokal ini juga telah merambah pasar global dengan memasarkan produknya ke Malaysia, Singapura, dan Vietnam.

Meskipun baru berdiri pada 2017 lalu, Dear Me Beauty menjadi brand kecantikan lokal yang sudah berhasil tembus pasar internasional. Brand kecantikan lokal ini diburu banyak beauty enthusiast karena menawarkan produk yang beragam dan unik. 

Banyak produk Dear Me Beauty hasil kolaborasi dengan brand lainnya. Misalnya, Dear Me Beauty X SASA, Dear Me Beauty X Yupi, dan Dear Me Beauty X KFC.

Dear Me Beauty mengeluarkan rangkaian produk makeup dan skincare yang terinspirasi dari kecantikan perempuan Indonesia. Tak hanya di Indonesia, koleksi dari brand kecantikan lokal ini juga bisa didapatkan di berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, dan China.

Azarine merupakan brand kecantikan lokal yang didirikan pada 2002. Merek lokal ini, menawarkan beragam produk skincare dan makeup. 

Azarine mengklaim bahwa produknya terbuat dari bahan-bahan alami berkualitas tinggi. Beberapa produk skincare keluaran Azarine antara lain, cleanser, toner, serum, eye care, lip care, moisturizer, sunscreen, masker, dan sunscreen.

Sementara, koleksi produk makeup Azarine seperti lip cream, liptint, dan eyebrow. Produk koleksi Azarine terkenal dengan harga yang terjangkau namun tetap berkualitas. 

Studio Tropik merupakan brand kecantikan lokal yang berdiri pada 2017 oleh Mellisa Angelina. Merek lokal ini ingin menghadirkan sebuah produk yang sesuai dengan kebutuhan beauty enthusiast Indonesia, mulai dari tingkat pemula hingga profesional. 

Saat pertama kali rilis, produk Priming Water dari Studio Tropik sangat laku di pasaran. Saat ini, Studio Tropik menawarkan beragam produk skincare seperti skin barrier cream, cleanser, face mist, skin tonic, dan setting spray. 

Produk Studip Tropik banyak dipakai oleh para MUA karena terbukti tahan lama dan berkualitas. Produk keluaran Studio Tropik memadukan bahan-bahan alami dengan kemajuan teknologi ilmiah sehingga tercipta produk berkualitas.

Luxcrime brand kecantikan lokal yang didirikan sejak 2015 oleh Achmad Nurul Fajri. Merek ini merilis produk makeup dan skincare yang terinspirasi oleh kecantikan perempuan Indonesia, seperti lipcream, eyeshadow, eyebrow, eyeliner, blush, cushion, setting spray, dan lainnya. 

Produk keluaran Luxcrime diklaim menggunakan bahan dan formula berkualitas. Selain itu, produk Luxcrime bebas tanpa melakukan eksperimen pada hewan dan bebas bahan kimia berbahaya.

Produk Luxcrime dikemas dalam pacakging yang menarik sehingga menarik minat konsumen. Selain itu, harganya pun cenderung terjangkau. 

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/02/04/123500420/10-merek-produk-kecantikan-lokal-ada-yang-go-international-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke