Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Penyebab Bibir Pecah-pecah Saat Memakai Lipstik, Apa Saja? 

KOMPAS.com -  Lipstik merupakan salah satu produk makeup yang dimiliki hampir semua perempuan. Dengan pemilihan warna yang tepat, pemakaian lipstik bisa membuat wajah menjadi cerah. 

Namun, tidak sedikit perempuan yang mengalami bibir pecah-pecah saat memakai lipstik. Alih-alih membuat penamplan menarik, bibir kering dan pecah-pecah saat pakai lipstik membuat kurang nyaman. 

  • Apa Beda Lipstik dan Lip Tint? Jangan Keliru 
  • Apa Itu Lipstik Matte? Ketahui Cara Pakainya agar Bibir Tidak Kering 

Kenapa bibir pecah-pecah saat memakai lipstik?

Lantas, apa penyebab bibir pecah-pecah saat memakai lipstik? Simak ulasannya berikut ini dilansir dari Real Simple, Today, Glamour Magazine, dan The Indian Express. 

Pemakaian lipstik kedaluwarsa berdampak buruk bagi bibir, salah satunya adalah menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah, dilansir dari Today. 

“Lipstik kedaluwarsa itu bisa membuat bibir kering, atau lebih buruk lagi dapat menumbuhkan bakteri di bibir,” ujar Dokter Kulit di New York, Cybele Fishman, dilansir dari Today. 

2. Dehidrasi 

Bibir pecah-pecah saat memakai lipstik juga bisa disebabkan masalah pada tubuh, yakni dehidrasi. 

Melansir dari Glamour Magazine, kulit bibir sangat tipis dan halus sehingga menjadi bagian tubuh yang pertama kali menunjukkan tanda-tanda dehidrasi.   

“Salah satu perbedaan utama antara kulit bibir dan kulit di bagian tubuh lainnya adalah, kulit bibir jauh lebih tipis. Kulit bibir terdiri dari 3-5 lapisan, sementara kulit wajah 16 lapisan,” jelas Konsultan Dermatologis Dr Justine Kluk dilansir dari Glamour Magazine. 

Karenanya, kita wajib mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum minimal delapan gelas air putih per hari. 

Sebelum membeli produk lipstik, sebaiknya kamu memeriksa kandungan atau formula lipstik. Sebab, seringkali penyebab bibir kering dan pecah-pecah berasal dari formula lipstik yang tidak cocok dengan kulit bibir.

Sebaiknya, pastikan lipstik yang kamu pakai mengandung formula yang bisa melembapkan bibir seperti madu, jojoba oil, vitamin E, dan sebagainya. 

Melansir dari The Indian Express, lipstik matte misalnya, memiliki lebih banyak kandungan lilin, warna, dan lebih sedikit minyak. Karenanya, lipstik matte lebih kering di bibir namun lebih tahan lama.

4. Kebiasaan menjilat bibir 

Kebiasaan menjilat bibir saat memakai lipstik, juga dapat membuat bibir kering dan pecah-pecah. Sebab, air liur yang pindah dari mulut ke bibir bisa mengikis lapisan kulit bibir yang tipis.

Selain itu, air liur juga cepat mengering setelah terkena kontak dengan udara luar, sehingga membuat bibir lebih kering. 

  • Cara Memilih Warna Lipstik yang Tepat, Sesuaikan dengan Undertone
  • 3 Rekomendasi Warna Lipstik yang Dapat Mencerahkan Kulit

5. Alergi 

Alergi terhadap produk lipstik juga bisa menjadi salah satu penyebab bibir pecah-pecah saat memakai lipstik. 

Dr. Kseniya Kobets, Direktur Dermatologi Kosmetik di Montefiore Advanced Care,New York, mengatakan, beberapa kandungan dalam lipstik yang berpotensi menyebabkan alergi antara lain, logam berart nikel, pewarna, pewangi, dan enzophenone-3 (oxybenzone). 

“Sebagai dokter kulit, saya sering melihat reaksi kulit terhadap lipstik,” ujarnya dilansir dari Real Simple. 

Reaksi alergi terhadap lipstik seperti bibir kering, merah, atau bengkak. Namun jika berlanjut, gejalanya bisa bertambah seperti bibir pecah-pecah, bercak merah, bersisik, dan sensasi terbakar di bibir atau sudut mulut. 

Jika menemui kondisi tersebut, Kobets menyarankan untuk menghentikan penggunaan produk lipstik dan segera berkonsultasi dengan dokter.  

Melansir dari The Indian Express, tidak eksfoliasi bibir sebelum mengaplikasikan lipstik dapat mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Kamu bisa melakukan eksfoliasi bibir setiap dua hari sekali dengan scrub bibir.

Dengan rutin melakukan eskfoliasi bibir, maka kulit bibir akan tetap sehat dan tidak pecah-pecah. Selain eksfoliasi bibir, kamu juga bisa mengaplikasikan lip balm sebelum memakai lipstik. 

Lip balm memiliki banyak manfaat seperti menghidrasi bibir sehingga tetap lembap, menutrisi bibirm dan membuat bibir halus. 

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/02/11/131500820/6-penyebab-bibir-pecah-pecah-saat-memakai-lipstik-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke