Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Cara Mengatasi Rambut Kering yang Bisa Dilakukan di Rumah 

KOMPAS.com - Rambut kering merupakan salah satu permasalahan rambut yang kerap dijumpai. Kondisi rambut kering membuatnya mengembang dan susah diatur. 

Namun tenang saja, karena ada sejumlah cara mengatasi rambut kering. Kamu bisa melakukan perawatan rambut kering tersebut dari rumah tanpa harus pergi ke salon.  

  • Makanan Berlemak Bisa Jadi Penyebab Rambut Menipis
  • Hindari, 5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Rambut

Melansir dari Medical News Today, rambut kering adalah kondisi di mana rambut tidak dapat mempertahankan kelembapan yang cukup untuk menjaga teksturnya dan kilaunya.

Ada beragam faktor penyebab rambut kering. Mulai dari kurang gizi, paparan sinar matahari berlebihan, mencuci rambut berlebihan, penggunaan produk dan alat penataan rambut, pemakaian produk rambut berbahan keras, maupun penyebab dari sisi medis.

Cara perawatan rambut kering 

Kompas.com merangkum cara mengatasi rambut kering sebagai berikut, seperti dilansir dari Medical News Today dan Healthline. 

1. Oleskan minyak 

Minyak zaitun adalah salah satu obat alami untuk rambut kering. Selain minyak zaitun, sejumlah produk minyak lain yang dapat mengatasi permasalahan rambut tersebut antara lain, minyak kelapa, minyak almond, minyak jarak, minyak jojoba, dan minyak jagung. 

Semua minyak tresebut, kaya akan vitamin E dan antioksidan, sehingga dapat  melembapkan lapisan luar rambut atau kutikula. Caranya, hangatkan setengah cangkir gelas salah satu minyak tersebut, jangan sampai mendidih. 

Kemudian, pijat lembut ke rambut selama beberapa menit. Tutupi rambut dengan handuk hangat.

Diamkan selama 30−45 menit atau semalaman. Setelah itu, keramas dan bilas rambut hingga bersih. Kandungan dalam minyak tersebut diyakini dapat memperkuat dan menambah kilau pada rambut kering.

2. Oleskan masker rambut dari bahan alami 

Tak perlu pergi ke salon, kamu bisa memakai hair mask atau masker rambut dari bahan-bahan alami yang tersedia di rumah. 

Misalnya, campuran telur dan mayones yang mengandung banyak protein, masker campuran yogurt dan minyak, serta masker pasta alpukat yang kaya akan vitamin A dan E, lemak jenuh, dan mineral. 

Kamu juga bisa menggunakan masker rambut alami dari pisang. Buah yang satu ini, tinggi potasium dan kadar air sehingga cocok untuk merawat rambut kering. 

Selain itu, kamu bisa merawat rambut kering di rumah menggunakan minyak hangat seperti tertera pada poin nomor satu. 

3. Gunakan produk perawatan rambut 

Jika enggan membuat masker alami, kamu bisa menggunakan produk perawatan rambut kering. Saat ini, tersedia banyak produk perawatan rambut kering yang bisa digunakan secara mandiri di rumah tanpa harus ke salon. 

Mulai dari sampo, kondisioner, hair tonic, minyak rambut, serum rambut, vitamin rambut, dan masker rambut. 

  • Apa Jadinya jika Kita Tidak Mencuci Rambut Selama Seminggu?
  • Keunggulan Japanese Head Spa Dibanding Perawatan Rambut Lainnya

4. Konsumsi makanan bernutrisi 

Tidak hanya perawatan dari luar, cara mengatasi rambut kering juga bisa dari dalam tubuh, dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. 

Sejumlah kandungan dalam makanan yang bermanfaat bagi kesehatan rambut antara lain omega 3, peptida, dan antioksidan. Makanan yang menjadi sumber omega 3 antara lain ikan salmon, tiram, ikan kembung, ikan tuna, ikan sarden, dan sebagainya. 

Sementara, makanan sumber antioksidan untuk melawan stres oksidatif, yang membuat rambut terlihat lebih tua, seperti kenari, kacang merah, bluberi, brokoli, dan tomat. 

5. Minum suplemen 

Selain mengonsumsi makanan sehat, kamu juga bisa minum suplemen untuk mengatasi rambut kering. Mengonsumsi suplemen yang tepat juga dapat membantu mengembalikan kelembapan dan kilau rambut.

Beberapa suplemen yang membantu mengatasi rambut kering antara lain omega 3, vitamin A, vitamin C, biotin atau terkadang disebut vitamin H, dan zat besi. 

6. Potong rambut 

Jika rambut terlalu kering, mungkin kamu perlu memotongnya. Meskipun rambut tidak terlalu panjang, namun ujung rambut kering bercabang membuat rambut sulit ditata. 

Alhasil, rambut rambut terasa kering atau kasar, serta mengembang. Untuk potongan rambut baru, kamu bisa berkonsultasi dengan penata rambut di salon agar mendapatkan bentuk yang tepat. 

7. Hindari keramas setiap hari 

Selain menghilangkan kotoran, sampo juga dapat mengurangi sebum. Adapun sebum adalah minyak alami yang membuat rambut tetap lembap sehingga mudah ditata dan berkilau. 

Oleh sebab itu, sebaiknya hindari keramas setiap hari karena dapat menghilangkan sebum. Sebaiknya, cuci rambut setiap dua hari sekali agar rambut tampak lebih sehat.

Namun demikian, sebum berlebihan juga tidak baik lantaran menyebabkan rambut berminyak.

8. Batasi penggunaan alat styling rambut

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa penggunaan alat styling rambut terlalu sering dapat membuat rambut kering. Khususnya, alat styling rambut yang menggunakan panas untuk menata rambut. 

Sebuah penelitian terhadap batang rambut sebelum dan sesudah proses styling menunjukkan kerusakan signifikan pada rambut partisipan.

Jadi, jika kamu hendak mengeringkan rambut menggunakan hair dryer, upayakan jarak antara alat styling dengan rambut minimal 6 inci.

  • Risiko Ketika Kita Memutuskan untuk Bleaching Rambut
  • 5 Potongan untuk Rambut Tipis Agar Terlihat Tebal

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/03/14/124000320/8-cara-mengatasi-rambut-kering-yang-bisa-dilakukan-di-rumah-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke