Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Busway Khusus Perempuan? Ya Perlulah!

Kompas.com - 01/04/2008, 19:23 WIB

JAKARTA, SELASA – Rencana pengoperasian busway khusus perempuan disambut baik oleh masyarakat, khususnya kaum perempuan. Meski mereka meragukan keseriusan pemerintah dalam merealisasikannya, mereka memandang kebutuhan akan busway khusus perempuan sangat mendesak.

Citra, salah seorang karyawati yang ditemui Kompas.com di shelter busway Sarinah menyambut baik rencana pengoperasian busway khusus perempuan mengingat kondisi kendaraan umum alternatif ini sejak awal tahun. Namun, dia juga rada pesimis dengan upaya realisasi busway khusus ini.

“Menurut saya, ya perlulah saya pikir! Apalagi sekarang busway pun makin ramai aja. Tapi gimana ya, Indonesia kan bisanya teori doang. Lama,” ujar Citra di Jakarta, Selasa (1/4).

Hal serupa juga disampaikan oleh seorang mahasiswi BSI Salemba ketika transit di halte Dukuh Atas. Ia mengaku belum pernah melihat bentuk-bentuk pelecehan di atas busway, apalagi mengalaminya. Namun, dia mengakui kebutuhan masyarakat akan busway khusus perempuan.

“Saya sebenarnya sering naik busway di jam-jam padat, tapi nggak pernah ngalamin (pelecehan-Red) Teman-teman juga banyak yang naik busway tapi belum pernah denger tuh. Tapi kayaknya demi keamanan cewek-cewek, tetep perlu deh busway khusus perempuan itu,” ujar mahasiswi yang enggan disebutkan namanya itu.

Nina, seorang karyawati yang mengaku jarang menggunakan busway juga memiliki pendapat serupa. “Perlu banget ya, dengan kondisi yang dempet-dempetan begini apalagi untuk ibu-ibu dan orang-orang tua tuh,” ujar Nina.

Sementara itu, Mira yang baru pulang bekerja dan sedang  mengantre untuk naik busway tujuan Blok M malah kurang setuju dengan rencana pengoperasian busway khusus perempuan ini. “Saya rasa nggak perlu ya, asal semua manner-nya bagus dan bisa diatur, saya rasa nggak perlulah,” ujarnya singkat.

Rencana pengoperasian busway khusus perempuan, kalaupun jadi, memang harus dipersiapkan dengan baik. Pertimbangannya pun harus matang, di antaranya adalah selang waktu datangnya busway khusus ini dan penambahan armada, pastinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com