Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sunglasses, yang Penting Lensanya

Kompas.com - 17/02/2010, 14:28 WIB

KOMPAS.com - Kacamata hitam atau sunglasses merupakan salah satu aksesori yang tak pernah dilupakan. Fungsinya tak hanya agar penampilan makin gaya, tetapi juga -terutama- menahan sinar matahari agar tak menyakitkan di mata. Untuk memilih kacamata yang baik untuk fungsi yang terakhir ini, coba perhatikan hal-hal berikut:

Jenis kepribadian
Pilih jenis kacamata yang cocok untuk karakter wajah Anda. Wajah yang berbentuk oval paling cocok mengenakan kacamata gaya aviator atau penerbang. Untuk yang bentuk wajahnya persegi, bisa menggunakan kacamata besar ala Jackie Onassis. Kacamata jenis ini akan mengesankan tampilan wajah yang lebih kecil.

''Memang kedengarannya aneh, tapi inilah gaya atau trik yang cocok untuk mengakali wajah yang besar atau cenderung persegi. Pastikan bentuknya memang cocok dengan bentuk wajah Anda, sehingga tidak terlihat aneh atau seperti memakai kacamata pinjaman orang lain,'' ujar Christina Roth, desainer kacamata untuk Kate Moss dan Sharon Stone.

Pilih material
Kacamata dari bahan titanium murni adalah paling cocok untuk mata. Titanium dikenal awet dan cocok untuk penggunaan di luar ruangan, dan ringan. Sementara itu, kacamata dari bahan plastik lebih murah, terlihat mewah, dan cukup tahan lama.

Hindari bahan plastik injeksi alias plastik campuran. Kacamata dari bahan ini mudah bengkok jika keseringan dipakai di bawah sinar matahari.

Membantu penglihatan
Kacamata bisa menghindarkan Anda dari sinar matahari atau silau, sehingga Anda bisa melihat tanpa harus memicingkan mata. Ingin beraktivitas tanpa gangguan di bawah sinar matahari? Gunakan kacamata yang memiliki lensa dengan ukuran UV 400. Biasanya informasi ini akan tercantum pada label kacamata.

Dengan daya tangkal sinar matahari sebesar 400 UV, kacamata seperti ini amat baik untuk menghindarkan mata dari sinar berbahaya yang dipancarkan radiasi matahari. Bahkan sebaliknya, sinar matahari akan terlihat lebih lebih redup, alias tidak terlalu menyilaukan.

Nilai tambah lainnya, yakni untuk kulit di sekitar mata. Kulit di sekitar mata memang lebih sensitif. Terlalu sering memicingkan mata dan dahi bisa membuat kulit di sekitar area tersebut lebih cepat keriput. Nah, memakai kacamata hitam secara tidak langsung akan mencegah kulit cepat keriput.

Melindungi dengan baik
Bila ingin mencuci kacamata, cucilah dengan air dingin. Jangan menggunakan sabun, karena sabun akan meninggalkan bercak di lensa kacamata. Pakai kotak penyimpanan yang keras untuk menghindari goresan pada kacamata. Bisa juga dengan membungkusnya dengan sarung khusus atau pelapis sebelum ditaruh di kotak penyimpanan.

Setiap enam bulan sekali, mintalah petugas di optik untuk mengencangkan rangka yang kendor, memoles gagang kacamata dengan asetat agar kembali bersinar, dan menghilangkan goresan pada lensa.

Punya yang original
Suka koleksi kacamata? Seperti saat membeli pakaian berkualitas, setidaknya miliki satu kacamata dari brand terkenal yang asli. Kacamata yang murah tentu tak kalah gaya, namun seringkali tidak menggunakan lensa yang mampu menahan panas. Selain itu, juga lekas rusak. Saat membeli kacamata (yang berkualitas) pastikan petugas optik mengencangkan lensa dan bingkainya agar pas dengan wajah Anda.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com