Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fashion Mendominasi Transaksi Kartu Kredit

Kompas.com - 12/03/2010, 15:47 WIB

KOMPAS.com - Pertumbuhan pusat belanja di kota besar semakin memberi ruang bagi berbagai brand memajang produknya. Sepanjang tahun 2004-2008 saja, PT Mitra Adi Perkasa (MAP) menghadirkan lebih dari 90 brand ternama di Indonesia.

Konsumen, terutama pengguna kartu kredit, juga mendapat lebih banyak kemudahan. Diskon dengan jumlah tertentu untuk brand fashion ternama tentu saja menggiurkan bukan? Namun jika tak cermat menggunakan kartu kredit, kemudahan bisa berujung pada hutang.

Kompas Female menemukan data dari sumber berbeda mengenai kecenderungan belanja dengan kartu kredit. 

Perencana keuangan Aidil Akbar Madjid mengatakan dalam sebuah talkshow beberapa waktu lalu, kebanyakan orang menggunakan 50 persen penghasilannya untuk entertainment. Kartu kredit menjadi bentuk transaksi yang dipilih karena faktor kepraktisan dan kemudahan. Akbar menilai perilaku ini sebagai hutang yang cenderung konsumtif.

Sementara, berdasarkan pengamatan perilaku belanja pengguna kartu kredit sebuah bank, 57 persen transaksi disumbangkan dari pembelanjaan pakaian (fashion), sepatu, dan aksesori. Data pada 2009 ini menunjukkan belanja kartu kredit untuk fashion menduduki ranking pertama, diikuti oleh food & beverage, dan peralatan elektronik.

Yang mengejutkan, pembelanjaan fashion tersebut ternyata tidak didominasi oleh kaum perempuan. Sebab menurut data dari Citi, 80 persen pengguna kartu kredit Citi di Jakarta ternyata laki-laki. Memang tak disebutkan berapa perbandingan antara belanja fashion pria dan wanita, namun dapat disimpulkan bahwa pria pun sering tergiur dengan produk-produk fashion, dan menggunakan kartu kredit untuk mendapatkannya.

Tak masalah sebenarnya mengapa perilaku ini yang terlihat. Bagi Akbar, yang penting pengguna tak melupakan kewajibannya untuk membayar tagihan kartu kredit.

"Kenali kemampuan Anda untuk membayar tagihan. Siapkan anggaran 30 persen dari penghasilan utama," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com