Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FitFlop, Tak Takut Ditiru

Kompas.com - 14/07/2010, 17:32 WIB

KOMPAS.com - Alas kaki FitFlop muncul di pasaran dunia tahun 2007. Meski relatif baru, produk tersebut telah tersebar di 35 negara dan diminati selebriti dunia seperti Oprah Winfrey, Hillary Swank, dan Heidi Klum. Produknya yang berupa sandal secara resmi diterima American Podiatric Medical Association, yakni lembaga yang memberikan pengesahan setelah suatu produk melewati proses ilmiah secara ketat, dan akhirnya dapat dibuktikan membawa manfaat bagi kesehatan kaki.

Di Indonesia, produk tersebut hadir melalui PT Multifortuna Sinardelta. Pada peluncuran produk di Decanter Wine House, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (13/7/2010) lalu, Lifestyle Manager Multifortuna Sinardelta Janki Cahyadi mengatakan, mereka yakin produk tersebut bakal sulit ditiru.

Teknologi microwobble board di bagian sole sandal bukan produk yang gampang ditiru. Mungkin ukuran, bentuk, model, dan tinggi sole dapat ditiru. Namun, tidak manfaatnya, karena teknologi microwobble board adalah teknologi yang dibuat secara mekanik untuk menguatkan otot kaki saat sedang berjalan, kata Janki.

Dia menjelaskan, alas kaki FitFlop diciptakan Marcia Kilgore, mantan pelatih pribadi dan pengusaha Bliss Spa Chain beserta dua rekannya, Dr David Cook dan Darren James dari London South Bank University. Mereka membuat produk yang membuat kaki tidak kesakitan kala beraktivitas.

Apalagi Marcia Kilgore mengetahui banyak perempuan mengeluh memiliki selulit dan postur tubuhnya kurang bagus karena terlalu sering mengenakan sepatu hak tinggi. Sepatu demikian membuat tulang pinggang maju, sehingga lama-kelamaan menyebabkan tulang punggung sakit. Belum lagi lutut dan telapak kaki.

Sandal FitFlop membantu meningkatkan kerja otot kaki, betis, dan glutealis. Selain itu, dapat memperbaiki postur tubuh dan menyerupai cara kerja berjalan dengan kaki telanjang, tetapi disertai kekuatan otot. Sandal tersebut membuat seluruh tubuh nyaman dan jauh dari lelah saat berjalan kaki.

FitFlop memiliki banyak warna pilihan dan model, kata Young Kim, General Manager Fashion Division PT Multifortuna Sinardelta.

Di Indonesia, salah satu pemakai setia FitFlop adalah Cathy Sharon. Artis ini mengenal sandal tersebut ketika diundang ke Brunei Darussalam. "Keluarga kerajaan memberi saya sepasang. Mereka bilang, produk itu enak dipakai. Selain itu, dokter melarang saya mengenakan sepatu hak tinggi lagi karena kini punggung saya sakit. Sakit punggung itu terkait kesukaan saya bersepatu hak tinggi kala bekerja," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com