Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba Starbucks Meningkat 37 Persen

Kompas.com - 22/07/2010, 17:18 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Pemilik gerai kopi terbesar dunia, Starbucks Corp, merilis laporan kinerjanya kemarin malam waktu AS. Hasilnya, laba pada kuartal tiga tahun fiskal kali ini mengalami lonjakan 37 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Penjualan terbesar disumbang oleh kopi instan dan minuman beku Frappuccino.

Starbucks yang berbasis di Seattle menyatakan, pendapatan bersih perusahaan meningkat menjadi 207,9 juta dollar AS atau 27 sen per saham. Sementara itu, tingkat penjualan naik 8,7 persen menjadi 2,61 miliar dollar AS. Di luar beberapa poin, pendapatan yang diraih sejalan dengan hasil estimasi analis.

Menurut Chief Financial Officer Starbucks Troy Alstead, adanya promosi yang memperbolehkan pelanggan untuk menambahkan topping cuma-cuma pada Frappuccino mereka. Itu membuat tingkat penjualan melonjak. Perusahaan juga sudah mulai menjual Via, kopi instan, sejak tahun lalu. Hebatnya, Via menjadi kopi dengan penjualan terbaik di kedai kopi.

“Saat ini kami tengah membangun citra Via sebagai platform bisnis dalam lima tahun ke depan,” jelasnya. Terkait hal itu, Starbucks berencana menaikkan anggaran belanja iklan sebesar 2 sen per saham mulai kuartal ini untuk mendorong penjualan sejumlah produk, termasuk Via.

Starbucks juga menaikkan prediksi pendapatannya tahun ini menjadi 1,23 dollar AS per saham. Diperkirakan, pada tahun keuangan 2012, pendapatan Starbucks bisa mencapai 1,41 dollar AS. Sementara sejumlah analis memprediksi pendapatan Starbucks berada pada kisaran 1,42 dollar AS untuk tahun 2011. (Kontan/Barratut Taqiyyah/Bloomberg)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com