Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PMI Siap Gelar Donor Darah Malam Hari

Kompas.com - 16/08/2010, 15:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PMI DKI Jakarta siap menggelar aksi donor darah pada malam hari untuk memenuhi kebutuhan stok darah selama bulan Ramadhan.

Kepala Unit Transfusi Darah Daerah PMI Jakarta, Salimar Salim, mengatakan, saat ini kebutuhan persediaan darah di Ibu Kota sangat mendesak. Selama pekan pertama bulan puasa, pasokan darah di PMI menyusut 60-70 persen. Stok darah golongan AB dan trombosit sudah habis, sementara persediaan golongan darah A tak sampai sepekan.

"Kebutuhannya 800-1.000 kantong per hari. Sekarang hanya 400 kantong," kata Salimar usai rapat koordinasi antisipasi kelangkaan persediaan darah di Gedung Balai Kota DKI Jakarta, Senin (16/8/2010).

Dalam rapat tersebut, Asisten Kesejahteraan Masyarakat Sekretaris Daerah DKI, Mara Oloan Siregar, meminta agar PMI melayani layanan donor darah di berbagai instansi pemerintahan maupun komunitas masyarakat. Oloan berharap PMI mampu memenuhi layanan donor darah di gereja-gereja meskipun harus dilakukan serentak di hari Minggu.

Salimar mengatakan, dengan 14 unit armada PMI, pihaknya optimistis bisa melayani seluruh permintaan tersebut. "Kami biasanya baru mau melayani kalau ada 75 orang pendonor. Untuk saat ini, 30 orang pun kami layani," tegas Salimar.

Selain itu, tambahnya, PMI juga akan menggelar aksi donor darah pada malam hari, antara lain di masjid-masjid usai shalat tarawih.

"Selama ini orang malas donor di siang hari karena lemas. Karena itu kami akan menggelarnya malam hari. Warga juga bisa melakukan donor pada pagi hari sebelum ke kantor karena saat itu badan masih segar," jelasnya.

Salimar juga menyarankan agar pendonor mau mengajak anggota keluarga atau teman saat menyumbangkan darahnya agar kebutuhan stok darah cepat terpenuhi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com