Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalla Pastikan Stok Darah Aman

Kompas.com - 05/09/2010, 10:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat Jusuf Kalla memastikan stok darah PMI aman selama musim mudik Lebaran 2010. Pada masa ini, kebutuhan akan darah diprediksi meningkat karena kemungkinan tingginya tingkat kecelakaan di sepanjang arus mudik dan arus balik.

Hal itu dikatakan Kalla seusai Apel Siaga PMI di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Minggu (5/9/2010). "Siap, siap. Meskipun setiap bulan puasa, donor menurun," ujar Kalla.

Mantan Wakil Presiden ini melanjutkan, pada bulan Ramadhan ini, PMI menyiasati penambahan stok darah dengan membuka pos pada malam hari di beberapa tempat. Selain itu, kegiatan ini juga dilaksanakan di basis masyarakat yang tidak menjalankan ibadah puasa, salah satunya di gereja. "Walau menurun, tetap bisa ditanggulangi," kata Kalla.

Pada Lebaran 2010 ini, PMI sudah membangun 270 pos yang tersebar di wilayah Jawa, Sumatera, dan Bali. Di Banten terdapat 23 pos, Jawa Barat 34 pos, Jawa Timur 109 pos, Jawa Tengah 24 pos, DKI Jakarta 17 pos, dan DIY 22 pos. Sedangkan di wilayah Sumatera: Bengkulu 2 pos, Aceh 4 pos, Sumatera Selatan 16 pos, Kepulauan Riau 4 pos, dan Lampung 7 pos. Sedangkan di Bali 8 pos. Pos-pos ini akan menyiagakan pertolongan pertama bagi korban kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com