Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Tiba di Istana Merdeka

Kompas.com - 09/11/2010, 16:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Ibu Negara Michelle Obama, beserta rombongan tiba di Istana Merdeka, Selasa (9/11/2010) pukul 16.55. Obama dan Michelle disambut langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono.

Presiden SBY dan Presiden Obama kemudian beranjak menuju teras depan Istana Merdeka untuk melakukan upacara penyambutan kenegaraan. Upacara dilakukan  di teras akibat hujan yang mengguyur Jakarta sore ini.

Setelah rangkaian upacara penyambutan kenegaraan dan perkenalan, kedua kepala negara akan melakukan pertemuan bilateral.

Menurut Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal, Senin kemarin, pada pertemuan bilateral kecil, kedua kepala negara akan berbicara dengan didampingi tiga pendamping dan seorang pencatat. Pertemuan bilateral ini berlangsung sekitar 30 menit. "Setelah itu ada pertemuan yang lebih besar. Presiden didampingi sejumlah menteri. Pada pertemuan ini dibahas kerja sama bilateral yang lebih luas," kata Dino.

Setelah itu, Presiden Yudhoyono dan Obama akan menggelar jumpa pers bersama di taman yang terletak di antara Istana Negara dan Istana Merdeka, Jakarta. Kedua kepala negara akan memberikan kesempatan kepada dua jurnalis Indonesia dan dua jurnalis AS untuk menyampaikan pertanyaan. Seusai meladeni para wartawan, Obama dan rombongan kembali ke hotel tempatnya menginap di Hotel Shangri-La.

Pada pukul 20.30 Presiden SBY akan menggelar jamuan makan malam kenegaraan untuk Obama dan Michelle Obama. Jamuan makan malam kenegaraan ini dijadwalkan berlangsung sekitar dua jam. Pada jamuan makan malam kenegaraan, Obama dan Michelle akan disuguhkan makanan kegemarannya ketika berada di Indonesia, yaitu nasi goreng dan bakso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com