Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Anak Suka Makan Sayur

Kompas.com - 07/03/2011, 14:03 WIB

KOMPAS.com — Anak membutuhkan asupan nutrisi tepat untuk membantunya tumbuh dan berkembang. Sayuran wajib ada dalam menu harian mereka. Namun masalahnya, tak sedikit orangtua yang kesulitan memberikan menu sayuran dalam menu anak sehari-hari. Jika Anda mengalami masalah ini, kenali apa yang diinginkan anak dan berikan kebutuhannya secara bertahap, termasuk mengenalkan sayuran.

Chef dan penulis buku Hidangan Favorit Anak, Rina Poerwadi, mengatakan, saat anak mengalami kesulitan makan, ibu harus mengetahui variasi menu dan porsi yang tepat dalam hidangan anak sehari-hari. "Berikan variasi menu kepada anak secara bertahap dan jangan kurangi porsinya. Anak stres dengan porsi besar yang diberikan ibunya karena ia merasa ibunya akan menyuruhnya menghabiskan makanan. Jika tidak, maka ia akan kena marah," kata Rina, saat peluncuran buku resep perdananya di toko buku Kinokuniya Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Rina, makanan favorit anak adalah makanan ala restoran. Namun orangtua tak harus melulu pergi ke restoran agar anak mau makan. Memasak makanan ala restoran di rumah bersama anak wajib dijadikan kebiasaan keluarga. Ini hanya salah satu saja solusi mengatasi anak sulit makan. Nah, mengenai kebiasaan makan sayur pada anak, ibu bisa mengatasinya dengan mengenalkan anak pada sayuran secara bertahap. Kenalkan dengan sayur yang manis seperti wortel atau labu. Jangan langsung memberikan anak sayuran utuh. Perlahan, kenalkan dengan kaldu sayuran.

"Saat merebus brokoli, simpan airnya. Kaldu sayuran ini bisa digunakan saat akan memasak spageti, misalnya. Dengan begitu anak mengenali rasa sayuran bertahap. Anak juga tetap mendapatkan nutrisi dari kaldu brokoli tadi," kata Rina, yang menegaskan bahwa kaldu sayuran bisa tahan hingga tiga hari jika disimpan dengan baik di lemari es.

Perlahan kenalkan anak dengan variasi sayuran yang lainnya. Yang juga perlu ibu tahu, kata Rina, anak tak keberatan dengan pengulangan. Jadi, sebenarnya tak perlu khawatir jika Anda memberikan sayur wortel berkali-kali asalkan memperhatikan juga variasi menu dan jenis sayuran lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com