Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asia Fashion Exchange Dibuka Hari Ini

Kompas.com - 12/05/2011, 10:51 WIB

KOMPAS.com - Event untuk konsumen, perdagangan, dan industri fashion, Asia Fashion Exchange (AFX), kembali digelar di Singapura mulai hari ini, 11 Mei hingga 22 Mei 2011. Acara ini bertujuan untuk mengembangkan keberlanjutan jangka panjang industri fashion Singapura dengan membangun kemampuan dan bakat-bakat Asia pada di ranah internasional, dan menjadikan Singapura sebagai pusat fashion di Asia.

"Singapura telah lama dikenal sebagai surga bagi orang yang gila belanja, tetapi dengan AFX kami berharap dapat melampaui arti dari belanja hanya dengan memupuk desainer muda dari Asia, dan menyediakan mereka dengan platform masuk ke pasar internasional. Dengan meningkatnya minat di Asia dan desainer Asia dan fashion, tidak ada waktu lebih baik dari sekarang untuk Singapura mempertaruhkan tuntutannya di peta fashion dunia," demikian menurut Ranita Sundramoorthy, Direktur, Atraksi, Restoran dan Eceran, Singapore Tourism Board, dalam pernyataan persnya.

AFX terdiri atas empat pilar acara, yaitu Blueprint, Asia Fashion Summit, Audi Fashion Festival, dan Star Creation. Blueprint adalah sebuah pameran dagang yang membawa pembeli di dunia dan bakat desain ke Singapura untuk melakukan bisnis di Asia. Kemudian Asia Fashion Summit, sebuah konferensi bisnis utama yang menghasilkan konten kepemimpinan pemikiran dan wawasan tentang topik fashion bagi para profesional industri. Audi Fashion Festival menampilkan koleksi kelas dunia oleh desainer internasional atas dan label. Terakhir adalah Star Creation, sebuah kompetisi untuk para desainer fashion.

Berbagai pilar acara ini menjadi peluang bagi para desainer fashion untuk mempromosikan karya mereka. Pada pergelaran perdananya tahun lalu, misalnya, AFX berhasil memikat banyak desainer muda dengan merek lokal untuk terlibat. Selain mendapatkan publisitas, para desainer juga dapat  membangun jejaring dengan industri fashion Asia.

Tahun ini, ada 10 merek lokal Indonesia yang akan menampilkan desain mereka di ajang Blueprint. Mereka adalah: Some Are Thieves (mewakili Blueprint Presents), Danjyo + Hiyoji, Geulis, Isis, KLE, Monday to Sunday, dan STAB (Blueprint Next Gen), serta Kaligula, Seba Shoes, dan Soe Hoe (Blueprint Accessorize). Melalui tradeshow yang akan dilaksanakan di Marina Bay Sands ini, para desainer bisa membuktikan bahwa mereka mampu menciptakan desain fashion yang inovatif.

Untuk ajang Star Creation, Indonesia juga meloloskan satu wakilnya. Anindya Intan, begitu namanya, adalah mahasiswi Nanyang Academy of Fine Arts. Koleksinya, Scouts Honour, didasarkan pada pengalaman masa remajanya sebagai pramuka. Ia ingin menangkap karakter pramuka dalam rancangannya, yaitu percaya diri, berinisiatif, berani, ringan tangan, punya integritas, atletis, serta menghargai hak-hak orang lain dan alam.

Bagaimana meningkatnya konsumerisme dan pengaruhnya pada industri fashion, akan menjadi bahan diskusi dalam sesi Asia Fashion Summit. Konferensi bisnis yang akan digelar di Raffles City Convention Centre ini akan menghadirkan sekitar 30 pemimpin industri fashion. Pembicaranya antara lain Andrew Wu (LVMH Group Director for China), Mark Baumann (Head of Visual Merchandising, Lane Crawford), Simon Gaffney (International Director, Karen Millen), Eric Jennings (VP Men's Fashion, SAKS Fifth Avenue), dan Douglas Benjamin (CEO FJ Benjamin).

Yang juga akan ditunggu-tunggu para penggemar dan pemerhati fashion adalah Audi Fashion Festival, yang akan digelar di Ngee Ann City Civic Plaza, Orchard Road. AFF akan menghadirkan rumah mode Missoni sebagai show pembuka event tahunan ini. Tiga anggota keluarga Missoni akan hadir, yaitu Angela, Vittorio, dan Margherita, serta supermodel Asia, Tao Okamoto. Event yang bertema Driving Imagination ini akan ditutup dengan show dari rumah mode Ungaro. Desainer dan merek lain yang akan tampil dalam fashion show kali ini antara lain Antonio Berardi, Erdem Moralioglu, Tiffany & Co., Greyhound, dan merek favorit lokal, RAOUL dan alldressedup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com