Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pijat Bayi Merangsang ASI

Kompas.com - 02/07/2011, 18:19 WIB

KOMPAS.com - Saat memutuskan menyusui, baik ibu dan bayi penting untuk merasa senang, nyaman, dan bebas stres. Dengan begitu ASI keluar lancar, dan bayi 0-6 bulan terpenuhi asupan nutrisinya.

Ibu dan bayi perlu mendapatkan perhatian ekstra jika ingin melewati masa menyusui yang menyenangkan. Salah satu perhatian pada bayi yang bisa merangsang ASI adalah pijatan. Pijat bayi aman dilakukan sejak bayi dilahirkan dan rutin dilakukan selama masa menyusui.

Dokter spesialis anak, dr Matheus Tatang Puspanjono, SpA mengatakan pijat bayi membuat bayi merasa nyaman, peredaran darah lancar, saluran cerna dan kelenjar di sel cerna bayi berfungsi baik, sehingga bayi mudah merasa haus dan lapar.

"Bayi yang lapar memudahkan proses menyusui. Semakin sering bayi menyusu, produksi ASI ibu akan terus meningkat. Proses menyusui pun menjadi lebih nyaman bagi ibu dan bayi," jelas dr Tatang di sela talkshow "Mother's Best Choice" diadakan Philips Avent di acara Baby Fair di Jakarta Convention Centre, Sabtu (2/7/2011).

Dr Tatang menjelaskan, lakukan pijat bayi lima menit sebelum mandi pagi dan lima menit sebelum mandi sore, setiap hari. Berikan juga pijatan lembut pada bayi saat menyusui. Gerakan pijatan bayi sebaiknya di mulai dari kepala ke ujung kaki. Sentuhan lembut ibu saat sedang menyusui juga bisa memberikan kenyamanan pada bayi, dan membuat momen menyusui menjadi menyenangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com