Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memasak Kaldu Ayam Alami

Kompas.com - 05/09/2011, 14:04 WIB

KOMPAS.com - Anda bisa menambah kelezatan masakan, tanpa mengkhawatirkan kesehatan, dengan menggunakan kaldu ayam alami tanpa pengawet. Manfaatkan tulang ayam untuk membuat kaldu. Jika memang sering memasak dengan kaldu, Anda bisa membeli tulang ayam dalam jumlah lebih banyak, untuk membuat kaldu yang dibekukan.

Tulang ayam bisa diolah menjadi kaldu yang enak. Beli kaldu sebanyak 2.000 gram lalu rebus di dalam air dingin sampai terendam. Tambahkan 3 cm jahe, dua lembar daun salam, dua tangkai daun bawang, dan enam butir cengkeh dalam rebusan tulang ayam.

Jika suka, Anda boleh menambahkan dua buah bawang bombay, dua buah wortel, dan dua buah kentang yang telah dikupas kulitnya.

Lakukan perebusan di atas api kecil selama dua jam. Setelah matang, saring kuahnya dan bagi-bagi dalam beberapa wadah. Kemudian, bekukan kaldu dalam freezer. Sebelum digunakan, pindahkan kaldu dari freezer ke lemari es hingga mencair.

Kaldu yang telah dicairkan tersebut bisa digunakan untuk membuat sup, kuah tumisan, atau untuk ditambahkan pada masakan lain yang berkuah.

Sumber: Buku Bango: Mudah Memasak Kuliner Nusantara, Saji (Kelompok Gramedia Majalah).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com