Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Gaya Olahraga Anda?

Kompas.com - 10/10/2011, 19:38 WIB

Kompas.com - Malas merupakan musuh nomor satu dalam kedisplinan kita menjalani latihan fisik. Masalah tersebut sebenarnya bisa diatasi bila kita mengetahui apa gaya olahraga yang paling sesuai dengan diri kita. Karena itu, cari tahu gaya personal olahraga Anda.

Sebelum menentukan jenis olahraga yang disukai, pertama-tama sebaiknya Anda kenali dulu tipe kepribadian Anda. Misalnya, jika Anda tergolong orang yang supel dan punya banyak teman, melakukan satu jenis latihan yang lama dan cenderung sendirian sudah pasti tak akan membuat Anda bahagia. Sebaliknya, olahraga yang bervariasi dan aktivitas berbeda bisa membantu Anda untuk fokus pada tujuan olahraga.

Gaya intensitas tinggi dan sebentar

Latihan dengan intensitas yang tinggi namun dalam durasi singkat sangat sesuai untuk Anda yang tidak punya cukup waktu atau orang yang mudah bosan. Pilihlah olahraga dengan durasi tidak lebih dari 20-30 menit tetapi masih sesuai dengan upaya maksimum yang bisa Anda keluarkan.

Contoh yang tepat untuk jenis olahraga tersebut adalah latihan sirkuit, di mana Anda berpindah dari satu latihan ke latihan lain secara cepat tanpa beristirahat. Latihan ini akan membuat detak jantung meningkat dan lemak yang terbakar lebih banyak.

Pilih olahraga jenis ini jika Anda menginginkan latihan yang keras tetapi tidak mau menambah durasi latihan. Jenis latihan lainnya adalah interval training, yakni jenis olahraga yang mengombinasikan latihan intensitas tinggi dan sedang dalam satu periode.

Gaya lambat tapi stabil

Lari jarak jauh atau berenang sangat cocok untuk mereka yang tak ingin terburu-buru mencapai target tapi juga tak mau mengulur waktu tambahan. Individu yang cocok dengan gaya ini bisa tetap bugar dari waktu mereka yang panjang. Berjalan selama 50 menit di treadmill atau berenang jarak jauh akan menenangkan pikiran sekaligus mendekatkan diri pada tujuan olahraga yang hendak dicapai.

Gaya koneksi tubuh dan pikiran

Melakukan latihan fisik dan pikiran secara bersamaan sangat penting untuk mereka yang tidak suka melakukan aktivitas hapalan. Latihan olah fisik dan jiwa yang dilakukan akan bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran diri, ketenangan pikiran, sekaligus kebugaran tubuh. Jenis olahraga yang tepat adalah pilates dan yoga.

Gaya pembentuk otot

Gaya yang banyak dianut dalam spektrum olahraga adalah si pembakar lemak. Olahraga jenis ini cocok untuk mereka yang ingin merasakan otot-otot mereka bekerja dan membakar lemak dengan intensitas tinggi. Tujuan tersebut bisa dicapai dengan latihan berulang -ulang dikombinasikan dengan latihan kekuatan.

Dalam menemukan gaya olahraga yang paling sesuai tidak bisa dilakukan dalam satu waktu, dibutuhkan untuk mencoba berbagai latihan berbeda sampai ditemukan mana yang paling cocok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com