Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miss Indonesia 2011: Saya Pernah "Overweight"

Kompas.com - 13/10/2011, 08:48 WIB

KOMPAS.com — Seorang wanita pasti ingin tampil cantik dan menarik. Begitu juga dengan Miss Indonesia 2011, Astrid Ellena Indriana Yunadi, yang juga ingin terlihat cantik, langsing, dan sehat. "Terlepas dari status sebagai Miss Indonesia, sebagai pribadi saya juga ingin terlihat cantik," ungkap Ellen—begitu sapaan perempuan ini—kepada Kompas Female, saat pengumuman "Miss Indonesia Goes to Miss World" di Hard Rock Cafe, Jakarta Pusat, Rabu (12/10/2011).

Faktor genetik dari kedua orangtuanya yang mudah naik berat badan rupanya menurun kepada Ellen. "Semasa SMA saya dulu termasuk gemuk dan sempat overweight," tukasnya. Tak jarang dengan tubuh yang menurutnya cukup berat, ditambah dengan pipinya yang terbilang chubby, Ellen jadi sering diledek teman-temannya. Setelah sadar akan pentingnya penampilan, Ellen pun mulai untuk melakukan diet.

Diet yang dilakukannya ini berhasil menurunkan berat badannya yang semula 55 kg menjadi 51 kg. "Namun, sekarang ini saya masih menjalankan diet dengan mengatur pola makan seimbang agar tubuh tidak tersiksa diet dan tetap sehat," bebernya.

Diet yang dilakukannya pun terbilang tidak begitu ketat. Ia hanya berolahraga, menghindari makanan yang berlemak, dan memperbanyak konsumsi serat dari buah dan sayur. Perempuan asal Jawa Timur ini mengaku hanya mengonsumsi makanan seperti daging dan makanan berlemak dalam porsi kecil seminggu sekali. Namun, satu hal yang penting: ia tak pernah meninggalkan sarapan.

"Sarapan itu penting, sebagai energi untuk memulai aktivitas, biasanya saya sarapan dengan sereal diet dan makan buah," tukasnya.

Meski demikian, sesekali ia juga masih berwisata kuliner untuk memuaskan kerinduannya akan makanan tradisional dan menambah kamus kulinernya sebagai salah satu bekal promosi pariwisata Indonesia. "Dengan mengetahui semua jenis makanan lokal Indonesia yang kaya, saya jadi punya bekal untuk dipamerkan di mata dunia," ucap penggemar gado-gado dan rujak cingur ini.

Ellen tak menampik bahwa bentuk tubuh yang indah juga merupakan nilai tambah bagi kecantikan. Namun, baginya, kecantikan seseorang tetap bersumber pada kecantikan dari dalam. "Setiap wanita itu cantik. Namun, yang membuat wanita bisa lebih cantik adalah ketika dia bisa percaya diri dan bersyukur dengan keadaan dirinya. Bila dua hal itu sudah dicapai maka dengan sendirinya kecantikan itu akan memancar," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com