Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus DBD di Jakbar Menurun 76 Persen

Kompas.com - 16/12/2011, 03:20 WIB

Jakarta, Kompas - Jumlah kasus demam berdarah dengue di Jakarta Barat sepanjang tahun 2011 menurun hingga 76 persen dibandingkan tahun lalu. Namun, warga diminta tetap waspada karena kasus demam berdarah cenderung meningkat saat musim hujan.

Data dari Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat (Jakbar) menyebutkan, jumlah kasus demam berdarah dengue (DBD) tahun 2011 mencapai 1.166 kasus. ”Tahun ini tidak ada warga yang meninggal akibat DBD,” kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakbar Parwathi, Kamis (15/12).

Tahun 2010, DBD di Jakbar mencapai 4.858 kasus, dan 5 penderita meninggal dunia. Sementara pada Januari 2011 tercatat terdapat 286 kasus DBD. Setiap bulan angka kasus DBD terus menurun.

Memasuki Desember 2011, tercatat 16 kasus DBD. Jumlah kasus DBD terbanyak terdapat di Kelurahan Kapuk, Kecamatan Cengkareng.

Hingga Januari 2012 diharapkan kasus DBD di Jakbar terus menurun. Curah hujan yang di- prediksi tinggi diharapkan tidak akan memberi kesempatan bagi jentik-jentik nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus DBD bisa berkembang biak.

Kesadaran warga

Penurunan kasus DBD di Jakbar, menurut Parwathi, berkat gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) yang giat dilakukan masyarakat setiap hari Jumat. ”Warga semakin sadar untuk melakukan PSN, dan kami minta agar warga tetap waspada DBD dan terus melakukan PSN,” ujar Parwathi.

Awaludin (25), warga Duri Kosambi, Cengkareng, menuturkan, warga di sekitar tempat tinggalnya semakin sadar untuk menjaga lingkungan guna mencegah merebaknya DBD.

”Sebenarnya masyarakat sendiri yang bisa menjaga lingkungan agar nyamuk tidak berkembang biak. Kadang-kadang saya khawatir juga kalau DBD makin lama makin banyak diderita orang. Di lingkungan ini warga rajin membersihkan lingkungan,” ujar Awaludin.

Secara keseluruhan, kasus DBD tertinggi di wilayah DKI Jakarta sepanjang 2011 terdapat di Jakarta Utara. Jumlah penderita DBD tahun ini di wilayah itu mencapai 1.584 orang. Kasus terbanyak terjadi di wilayah Kecamatan Kelapa Gading. Hingga pertengahan September, angka kejadian DBD di Jakarta 57,31 per 100.000 penduduk. (FRO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com