Gaji Kebanyakan Orang Ludes Setelah 2 Minggu?

Kompas.com - 14/02/2012, 09:56 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Putus asa karena gaji Anda "tujuh koma", alias tanggal 7 sudah "koma"? Ternyata, hal ini dialami oleh banyak perempuan, dan tak hanya di Indonesia tetapi juga di negara lain. Tagihan-tagihan, iuran-iuran, belanja bulanan, dan lain sebagainya, membuat gaji menguap dalam seminggu atau dua minggu saja.

Kebanyakan kalangan pekerja di Inggris mengaku merasa kekurangan uang hanya 17 hari setelah gajian, demikian menurut laporan Halifax, sebuah situs online banking. Kesulitan yang dihadap para pekerja yang kekurangan uang ini disebabkan perjuangan mereka untuk membayar tagihan rumah tangga yang terus meningkat, dan banyak lainnya mengalami pemotongan gaji oleh atasannya. Yang lebih mengkhawatirkan, satu dari 10 orang mengaku keuangannya mulai seret hanya seminggu setelah menerima gaji bulanan.

Laporan dari Halifax ini diperoleh setelah mewawancara sekitar 2.000 orang dewasa, yang mengungkapkan bahwa kondisi ini menyebabkan munculnya generasi yang terobsesi untuk mengecek saldo rekening di bank. Bayangkan saja, satu dari lima orang ternyata mengecek rekening mereka setiap hari. Kemudian 22 persen dari populasi mengecek tabungannya lebih dari tiga kali seminggu, dan hampir 40 persen menyadari bahwa saldonya hanya tinggal 5 poundsterling (sekitar Rp 70.000).

Sir Mervyn King, gubernur Bank of England, mengatakan para pekerja saat ini mengalami "tekanan yang ganas" pada gaji mereka. "Saat ini kita mengalami periode terpanjang dimana standar gaji gagal naik sejak tahun 1920-an," katanya.

Sekitar 1,5 juta keluarga saat ini menghadapi tekanan lanjutan. Diperkirakan, tunjangan anak akan dipotong pada tahun 2013, jika salah satu orangtua (atau keduanya) adalah pembayar pajak dengan tingkat lebih tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.