Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membangun Fondasi Industri Mode

Kompas.com - 19/02/2012, 05:31 WIB

Oleh Yulia Sapthiani

Membuat Pekan Mode Indonesia (Indonesia Fashion Week/IFW) 2012 menjadi cikal bakal tumbuhnya industri mode Indonesia tak ubahnya seperti membangun fondasi rumah. Harus kuat dan tahan lama.

Awal pekan lalu, bertempat di kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, empat kementerian tampil kompak. Menteri Perindustrian MS Hidayat, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar, serta Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) Neddy Rafinaldy Halim solid memberi dukungan untuk IFW 2012, yang akan berlangsung 23-26 Februari 2012, di Jakarta Convention Center.

Di hadapan Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) sebagai penggagas acara, pengusaha seperti Martha Tilaar, serta media peliput bidang mode dan ekonomi yang memenuhi ruangan, keempat wakil dari kementerian ini bahkan memaparkan rencana kerja pasca-IFW.

IFW, yang untuk pertama kalinya digelar pada tahun ini, memang tak hanya fokus pada acara peragaan busana, pameran 400 stan, dan seminar tentang mode. Kerja lebih keras justru dimulai usai perhelatan, yaitu memperkuat industri hilir sebagai target di tahun pertama.

Sama seperti membangun fondasi rumah, memperkuat industri hilir mode tak bisa mengandalkan satu pihak. Koordinasi mutlak dilakukan oleh pelaku mode, seperti desainer, pengusaha dari berbagai tingkatan, perbankan, dan empat kementerian yang telah menyatakan dukungan, termasuk ketika pemimpin mereka berganti.

Di hadapan tamu yang hadir pada siang itu, Hidayat memaparkan janjinya untuk menetapkan standardisasi produk lokal agar mampu bersaing dengan produk mode bermerek internasional. Kementerian Perindustrian juga memiliki program kerja memperbaiki kualitas produk dari sisi teknis dan desain, dengan cara meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dan teknologi.

”Dengan demikian, ke depannya diharapkan, Indonesia tidak hanya mengekspor tekstil dan garmen, tetapi juga produk jadi,” kata Hidayat, yang juga berjanji akan bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam melaksanakan program kerja kementerian yang dipimpinnya.

Koperasi mode

Pembinaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dijanji- kan akan dilakukan Kementerian KUKM. Apalagi, 30 persen dari sekitar 53 juta UMKM yang ada di Indonesia bergerak di bidang mode. Kementerian KUKM juga akan membangun sentra industri mode di daerah yang dibina dengan kelembagaan koperasi, dengan target melahirkan koperasi mode Indonesia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com