Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2012, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Ponsel pintar boleh jadi menolong bahkan mengubah hidup Anda, menjadi lebih mudah. Anda bahkan menjadi bergantung pada ponsel pintar dengan beragam fiturnya. Namun, jika salah kaprah dalam menggunakan ponsel pintar, Anda bisa menguras terlalu banyak uang karenanya.

Memang, fitur Peta dan GPS membantu Anda mencapai tujuan dengan cara yang lebih efektif juga efisien. Fitur seperti kamera dan video juga memudahkan Anda mendokumentasikan berbagai momen bersejarah dalam hidup. Belum lagi games dan pemutar musik yang selalu siap menemani kapan saja Anda merasa bosan. Semua kemudahan ini memang praktis Anda dapatkan dari ponsel pintar.

Tanda bahaya perlu Anda kenali, ketika ponsel pintar ini memudahkan Anda berbelanja. Apalagi jika Anda menginstal berbagai aplikasi belanja online. Anda pun bisa belanja apa pun, kapan dan di mana saja. Anda semakin mudah terhubung dengan berbagai penawaran belanja murah. Semurah apa pun penawaran yang Anda dapatnya, kalau Anda mudah tergoda, dompet pun semakin tipis karenanya. Transaksi online juga memudahkan Anda untuk terus mengurangi jumlah uang di rekening bank Anda. Semua hal ini menjadi mungkin karena si ponsel pintar.

Meski begitu, bukan berarti Anda harus mengubur ponsel pintar Anda. Bagaimana pun Anda membutuhkan perangkat canggih ini untuk mendukung kerja. Tapi, pastikan Anda mampu bertindak lebih bijak dalam penggunaannya.

Anda tetap bisa menggunakan ponsel pintar, jika Anda bisa mengerem keinginan atau kecenderungan berbelanja berlebihan. Lakukan tiga cara ini:
1. Miliki aplikasi perbankan, yang memudahkan Anda mengakses informasi rekening. Dengan begitu Anda bisa mengontrol pemasukan dan pengeluaran.
2. Hindari belanja impulsif dengan cara memotret barang-barang yang Anda incar dari aplikasi belanja online. Simpan foto tersebut. Lalu berikan waktu untuk menenangkan diri sendiri. Biasanya periode tiga hari berhasil untuk meredam keinginan berbelanja.
3. Untuk pembelian barang di jaringan internasional, terutama barang elektronik dan gadget, gunakan aplikasi pemeriksaan harga seperti PriceGrabber dan ShopSavvy untuk memastikan Anda tidak terjebak pada penawaran harga yang terlalu tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com