Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/07/2012, 13:34 WIB

KOMPAS.com - Setiap perempuan pasti mendambakan otot tubuh yang kencang. Headstand, yoga, naik-turun tangga, dan aktif bergerak menggunakan stileto pun dilakukan demi mengencangkan otot. Sayangnya, hasilnya sering mengecewakan, dan hanya .meninggalkan rasa sakit. Nick Anthony, performance specialist di Core Performance, Phoenix, mengungkapkan bahwa latihan stabilitas tubuh bisa membantu Anda mengencangkan otot dengan cara yang lebih mudah.

"Latihan ini akan membuat sendi tubuh lebih banyak bergerak dan mengencangkannya," jelasnya. Dengan banyak bergerak, Anda tak akan hanya mendapatkan otot tubuh yang kuat dan kencang, tapi juga akan membantu mengikis timbunan lemak. Lakukan latihan ini 2-3 kali seminggu, sebanyak tiga set untuk tiap kali latihan. Saat lelah, beri jeda istirahat selama satu menit sebelum memulainya lagi. Ulangi latihan ini sebanyak 3-5 kali.

1. Elbow to instep lunge

Berdirilah dengan tegap. Ambil posisi kedua lengan di lantai. Arahkan kaki kanan sejajar dengan tangan dan kaki kiri lurus ke belakang. Kemudian, lipat tangan kanan ke samping kaki kanan dan putar badan ke kanan. Lakukan selama delapan hitungan. Kemudian putar badan ke kanan, angkat tangan kanan ke atas melewati kepala. Lalu, tempatkan kedua tangan di samping tubuh dan luruskan kedua kaki. Ulangi gerakan ini dengan kaki kiri.
elbow to instep lunge    

2. Single leg balance squat
Berdirilah dengan satu kaki di depan sebuah bangku, sedangkan kaki satunya sedikit diangkat. Kemudian ambil posisi jongkok sampai bokong menyentuh kursi, dengan tetap mempertahankan posisi kaki (satu kaki menjejak lantai, kaki satunya terangkat). Kemudian berdirilah kembali dengan dengan posisi kaki yang sama.
Single-Leg Balance Squat  

3. BOSU dynamic plank
Ambillah posisi push-up. Posisikan kaki selebar pinggul dan tangan lurus. Lakukan gerakan push-up dengan melipat salah satu siku tangan seiring dengan menurunnya tubuh Anda, kemudian lipat pula tangan satunya. Usahakan agar tubuh tetap dalam posisi lurus. Setelah itu angkat tubuh Anda dengan meluruskan satu tangan lebih dulu, diikuti oleh tangan satunya.
BOSU Dynamic Plank2

4. BOSU mountain climber
Dengan bantuan bosu ball (alat pelatih keseimbangan, bisa dibeli di toko-toko peralatan olahraga), atur posisi tubuh dalam posisi push-up. Luruskan tangan setinggi-tingginya dan kaki lurus. Kemudian tekuk satu lutut menuju ke dada seperti posisi start lari, dan kembalikan ke posisi semula. Ulangi cepat dengan menekuk lutut yang lain.

BOSU Mountain Climber

 FOTO-FOTO: WOMEN'S HEALTH

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com