Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/10/2012, 15:14 WIB

KOMPAS.com - Jika Anda memiliki hobi memilih dan padu-padan busana, sebenarnya Anda sudah mulai memasuki dunia mode. Namun dunia mode tak sesederhana itu, pun tak sesulit yang Anda pikirkan. Kalau Anda merasa jatuh cinta dengan fashion, dan ingin lebih mendalaminya, banyak cara mewujudkan impian, termasuk dengan memelajarinya melalui buku berisi pengalaman sejumlah praktisi.

Semangat untuk berbagi pengalaman, juga pengetahuan mengenai seluk beluk fashion menjadi dasar terbitnya buku perdana desainer Paula Meliana. Buku berjudul I Am Fashion Designer menjadi pilihan cara Paula untuk memberikan pengenalan awal bagi kalangan muda untuk menemukan passion-nya di dunia fashion.

Desainer kelahiran Jakarta, 10 Mei 1979 ini memiliki semangat tinggi untuk membantu anak muda yang merasa jatuh cinta dengan fashion.
"Saya ingin anak-anak muda punya gambaran seutuhnya mengenai dunia fashion. Agar mereka bisa lebih percaya diri untuk mengembangkan potensinya, mewujudkan mimpinya," jelas Paula kepada Kompas Female.

Buku seri pengembangan diri ini menjawab berbagai pertanyaan yang boleh jadi menumpuk di kepala pelajar yang sedang mencari passion-nya. Juga mahasiswa mode yang sedang mengejar impiannya. Tak terkecuali mereka yang bersemangat belajar otodidak untuk terjun dalam industri mode.

Di buku setebal 134 halaman berisi kiat praktis dan pemahaman dasar mengenai fashion dan bisnisnya, juga pengalaman sejumlah desainer ternama.
Buku I Am a Fashion Designer dapat menjadi "mentor" bagi siapa pun yang ingin bergelut di dunia mode dengan berbagai peran. Paula menjelaskan dengan rinci, bahwa fashion tak semata desainer. Banyak profesi yang dibutuhkan dalam dunia fashion.

Terjun di fashion juga perlu memerhatikan seluk beluk bisnis. Bermodalkan kesukaan saja tak cukup untuk eksis di industri mode. Butuh kerja keras, dan pemahaman bisnis yang baik agar mampu berstrategi secara tepat.

Dalam bukunya, Paula juga menjelaskan pentingnya belajar. Baik secara formal di sekolah mode, juga melalui berbagai cara. Berbagai hal dalam dunia fashion dapat menjadi wadah belajar, termasuk kepada desainer senior bahkan melalui peragaan busana atau department store pun pelajaran berharga bisa didapati.

Yang tak kalah penting jika ingin berkarier dalam dunia fashion adalah perilaku dan kepribadian. Bagi Paula, kepribadian menentukan kesuksesan, termasuk dalam dunia mode.

Semangat tinggi untuk belajar, menghargai orang lain dari berbagai kalangan, dan sikap ramah juga terbuka dengan semua orang membantu mewujudkan mimpi menjadi fashion designer.

Paula tak hanya berkisah dari pengalaman pribadinya, namun juga mengajak teman seprofesinya untuk berbagi ilmu. Desainer Indonesia yang memulai kiprahnya di New York, Aridistia Dwiasri bersedia membagi pengalamannya melalui buku Paula ini. Desainer ternama Indonesia yang sukses dengan bisnisnya, Lenny Agustin pun tak ketinggalan berbagi ilmu bisnisnya.

Fashion melibatkan banyak orang. Paula menyadari hal ini, sehingga ia pun melibatkan banyak orang dalam bukunya, untuk memberikan pencerahan bagi kalangan muda yang ingin belajar terjun ke dunia mode.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com