Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/01/2013, 17:58 WIB

KOMPAS.com - Keinginan bercinta meningkat pada bumil di trimester kedua. Hubungan seks selama kehamilan juga boleh dilakukan selama tidak berisiko. Namun Saat perut semakin membesar, bercinta menjadi kurang nyaman terutama bagi ibu hamil.

Saat hasrat seksual muncul selama kehamilan, perhatikan posisi hubungan intim yang tepat dan nyaman. Pastikan hubungan seksual juga tidak berisiko pada kehamilan.

Menurut dr Suririnah dalam bukunya Buku Pintar Kehamilan dan Persalinan, sebaiknya bumil menghindari posisi berbaring telentang ketika berhubungan seks karena rahim akan menekan vena besar. Posisi misionaris juga tak lagi nyaman terutama saat perut semakin membesar.

Menurutnya, ada empat posisi hubungan seksual terbaik selama kehamilan. Namun yang terpenting adalah jangan meletakkan badan ke perut ibu hamil selama berhubungan intim atau batasi tekanan di perut bumi.

1. Bumil di atas.

Posisi ini paling nyaman untuk kebanyakan bumil, terutama karena perempuan bisa mengontrol kedalaman dan kecepatan penetrasi.

2. Duduk.
Posisi ini biasanya dilakukan pada kehamilan pertengahan atau lanjut ketika tidak memerlukan banyak gerakan. Posisinya bisa saling berhadapan atau bumil membelakangi suami. Posisi ini juga memungkinkan bumil mengontrol kedalaman dan kecepatan penetrasi.

3. Berbaring miring
.
Posisi berbaring miring berhadapan mungkin dapat dilakukan saat pertengahan kehamilan ketika perut belum terlalu besar. Atau berbaring miring dengan posisi bumil di depan.

4. Berlutut.
Bumil berlutut membelakangi suami, dibantu dengan meletakkan bantal untuk mengganjal perut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com