4 Bahan Pertolongan Pertama dari Dapur

Kompas.com - 28/08/2014, 11:03 WIB
Shutterstock

KOMPAS.com - Kecelakaan, infeksi, atau kondisi tubuh yang tidak fit lainnya bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, termasuk di rumah. Pertolongan pertama untuk kecelakaan kecil di rumah sebenarnya bisa dengan memanfaatkan bahan-bahan dari dapur.  Nah, apa sajakah bahan-bahan itu?

1. Bawang merah
Bawang merah dapat menjadi obat oles untuk mengatasi luka bakar. Irisan bawang merah pada luka bakar yang sudah dicuci dengan air yang mengalir dapat mengurangi nyeri akibat luka bakar. Irisan bawang merah juga dapat digunakan untuk mengatasi bengkak karena gigitan lebah.

2. Teh hijau
Teh hijau dikenal bermanfaat untuk imunitas, peluruhan lemak, serta baik untuk jantung. Namun tak hanya itu, teh hijau juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi mata bengkak. Kafein dalam teh hijau dapat mengurangi bengkak dengan cara mengecilkan pembuluh darah di sekitar mata.

3. Madu
Madu sering dimanfaatkan sebagai pemanis alami, namun juga bisa digunakan untuk mengatasi mabuk. Menurut Manny Alvarez, praktisi kesehatan asal New York, madu dapat membantu tubuh memetabolisme alkohol lebih cepat. Selain itu, madu juga diperkaya potasium yang kadarnya sangat berkurang di tubuh saat mabuk.

4. Garam
Garam merupakan bahan anti peradangan (anti-inflamasi) yang sangat baik. Maka garam pun dapat meringankan gejala sariawan, nyeri tenggorokan. Berkumur dengan air garam membantu mengurangi rasa nyeri akibat peradangan.



EditorLusia Kus Anna
Sumberfoxnews

Close Ads X