Kompas.com - 31/05/2017, 18:48 WIB
Lari di jalan datar thinkstockLari di jalan datar
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

Tidak aktif secara fisik disebut merupakan penyebab dari enam persen kematian dini, dan merupakan faktor risiko ke empat yang menyebabkan kematian manusia setelah tekanan darah tinggi, kebiasaan merokok, dan kadar gula darah tinggi.

Padahal untuk aktif secara fisik, seseorang tidak perlu bersusah payah mengusahakannya. Lari adalah salah satu cara termudah untuk bergerak, dan ilmu pengetahuan membuktikan bahwa lari tidak saja membuat Anda lebih sehat, tapi juga membantu Anda hidup lebih lama.

Analisa dari berbagai study yang dimuat di journal Progress in Cardiovascular Diseases menyebutkan bahwa para pelari hidup sekitar tiga tahun lebih lama dibanding bukan pelari. Selain itu, satu jam berlari disebut menambah sekitar 7 jam umur seseorang. Pelari juga memiliki risiko berbagai penyebab kematian 30 persen lebih rendah dibanding mereka yang melakukan aktivitas berbeda atau mereka yang sama sekali malas bergerak.

Para peneliti menduga keuntungan lari untuk kesehatan tubuh, terutama meningkatkan  kebugaran jantung dan paru, adalah alasan utama meningkatnya harapan hidup. Dalam analisa ditemukan bahwa lari juga memperbaiki komposisi tubuh, memgurangi kemungkinan kematian akibat penyakit jantung hingga 45 sampai 70 persen dibanding mereka yang tidak lari, dan bisa memperkecil risiko kematian akibat penyakit kanker antara 30 hingga 50 persen.

Tentu lari bukan satu-satunya kegiatan yang bisa membuat kita sehat. Sebuah penelitian terhadap 44.551 orang berusia 40 hingga 75 tahun menemukan bahwa lari, tenis, dan berjalan cepat menurunkan risiko penyakit jantung hinga 46 persen, 28 persen, dan 23 persen.

Sementara sebuah study di Taiwan terhadap 400.000 orang menemukan bahwa berjalan kaki selama 15 menit memberi keuntungan setara dengan 5 menit lari dalam hal menurunkan risiko kematian dini.

Baca: Bagaimana Menambah Jarak Lari Anda?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.