Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hobi Makan Yogurt Beku dan Susu Rendah Lemak Memicu Parkinson?

Kompas.com - 14/06/2017, 14:18 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

Penyakit parkinson merupakan penyakit yang menyerang sel saraf di otak. Penyebabnya sampai saat ini belum diketahui. Salah satu dugaan adalah jika sering terjadi benturan di kepala. 

Menurut studi terbaru yang dilakukan tim dari Harvard University’s Chan School of Public Health, terlalu banyak mengonsumsi yogurt beku dan produk susu rendah lemak dapat meningkatkan risiko terkena penyakit parkinson.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Neurology itu menemukan, mereka yang mengonsumsi tiga porsi atau lebih susu rendah lemak per hari beresiko lebih tinggi untuk terkena parkinson.

Data dikumpulkan dalam durasi 25 tahun terhadap 80.736 perempuan dan 48.610 pria. Peserta diminta mengisi kuesioner kesehatan setiap dua tahun sekali dan kuesioner pola makan setiap empat tahun sekali.

Di akhir penelitian, sekitar 1.036 orang terkena parkinson. “Mereka yang mengonsumsi setidaknya tiga porsi susu rendah lemak setiap hari risikonya sekitar 34 persen terkena parkinson dibanding mereka yang jarang mengonsumsi,” tulis penelitian yang dikutip dari New York Post.

Kendati demikian, menurut ketua peneliti, Katherine Hughes, risiko tersebut masih rendah karena hanya satu persen yang akhirnya terkena parkinson selama penelitian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com