Rancang Target Karier Sejak Muda - Kompas.com

Rancang Target Karier Sejak Muda

Kompas.com - 16/06/2017, 16:00 WIB
Digital Vision. Karir pekerjaan

Jabatan tinggi dan penghasilan yang besar di sebuah perusahaan merupakan impian banyak profesional. Untuk mencapainya dibutuhkan kerja keras dan rancangan karier yang matang. Sayangnya, tak semua orang tahu cara mengembangkan kariernya.

Menurut survei, hampir 15 persen generasi milenial dan generasi X (kelahiran tahun 1970-1980) belum menentukan tujuan dan karier mereka. Malah, pada generasi yang lebih tua (baby boomers) sekitar 30 persen tidak tahu tujuan kariernya.

Survei ini dilakukan Capital One terhadap 1.000 responden orang dewasa. “Ini mungkin karena generasi Baby Boomers memiliki pengalaman langsung dalam angkatan kerja mereka dan tahu bahwa perjalanan ini belok, bukan lurus,” kata Human Resource (HR) expert Robyn Tingley.

Sementara itu, pekerja yang lebih muda sudah memikirkan jenjang karier seperti apa yang mereka kejar. Apa pun alasannya, memiliki peta jalan karier sangat penting. “Tahu apa yang mau diraih adalah kunci sukses mewujudkan tujuan profesional Anda,” kata Tingley.

Harus diakui menentukan tujuan karier tidak mudah. Tingley mengatakan, kita tidak bangun tidur dan langsung mendapatkan inspirasi soal tujuan dan karier. Dibutuhkan evaluasi dengan melihat apa yang sudah dicapai.

Konsultan karier Carlotta Zimmerman, mengatakan langkah pertama adalah harus jujur pada diri sendiri. Dapat juga dituliskan apa yang diinginkan, jenis profesi, bahkan jabatan yang diidamkan.

Terkadang mengetahui apa yang Anda tidak inginkan sama pentingnya dengan mengetahui apa yang diinginkan. Agar tujuan Anda realistis, bandingkan pula antara mimpi karier dan kenyataan, misalnya kompetensi yang dimiliki.

Tak perlu malu untuk bercerita kepada orang terdekat target karier Anda. Karena mereka mengenal Anda, masukan dari mereka tentang apa yang harus diperbaiki dan harus dilakukan sangat berguna.

Mempelajari tokoh-tokoh sukses dalam pekerjaan yang Anda impikan juga bisa membantu mengetahui perjualan yang harus dicapai untuk sampai ke titik tersebut. 

Menurut Tingley, Anda perlu mencoba terjun langsung untuk mengetahui apakah sudah di jalur yang benar. “Jangan terjebak dalam mencari pekerjaan sempurna yang membuat Anda bahagia setiap hari. Itu tidak ada. Hidup ini penuh dengan tantangan dan Anda harus berimprovisasi,” katanya.


EditorLusia Kus Anna
SumberMoneyish

Close Ads X