Memilih Wewangian yang Tepat Untuk Anda

Kompas.com - 25/06/2017, 15:10 WIB
Menyemprotkan parfum soup__studioMenyemprotkan parfum
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

Setiap orang memiliki karakter yang unik dan berbeda satu sama lain. Oleh karenanya perlu juga bagi kita untuk memilih wewangian dengan aroma yang sesuai dengan karakter itu.

Masalahnya, ada ribuan merk dan aroma parfum yang dijual saat ini, sehingga memilih salah satunya bukan pekerjaan gampang. Untuk itu kita perlu mempersempit pilihan kita dalam empat kategori yang paling umum yakni aroma floral (bunga), oriental (rempah), wood (kayu), dan citrus (jeruk).

Seperti namanya, aroma floral berasal dari bunga-bungaan, seperti wangi mawar, melati, bunga teratai, anggrek, lavender, dan lainnya. Umumnya wangi floral memberi kesan feminin dan manis, sehingga wewangian ini banyak ditemukan pada parfum wanita.

Sedangkan aroma wood biasanya diambil dari keharuman kayu-kayu hutan yang segar. Anda bisa membayangkan keharuman pinus, kayu cendana, tembakau, lumut hutan, atau wangi tanah basah. Wangi kayu ini mirip dengan wangi oriental namun lebih berat sehingga cocok dipakai dalam suasana yang resmi, di malam hari, atau pada cuaca dingin.

Aroma citrus umumnya memberi kesan bersih, bersemangat, dan muda, seperti wangi perasan lemon, daun jeruk, atau minuman segar. Karenanya aroma ini banyak dipakai pada parfum bertema sportif atau untuk cuaca yang panas.

Sementara aroma oriental biasanya harum seperti dupa, vanilla, atau rempah. Bayangkan wangi teh yang dihidangkan dalam ruangan yang samar-samar dilewati asap dupa dan tercium rempah seperti kayu manis dan cengkeh. Aroma oriental ini dianggap misterius, sexy dan menggairahkan sehingga banyak dipakai dalam pembuatan parfum.

Baca: Aturan Menggunakan Wewangian

Bila Anda sudah menemukan aroma yang paling cocok di antara empat pilihan di atas, maka Anda bisa mulai mencari mana yang paling tepat untuk pribadi dan karakter Anda. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya:

Pilih dalam suasana netral

Jika Anda ingin mencoba wewangian, maka bebaskanlah tubuh Anda dari aroma lain. Artinya jangan memakai parfum, atau deodoran, atau sabun dengan wangi yang kuat saat mencobanya. Aroma lain akan membuat Anda tidak mampu mencium wangi sesungguhnya dari parfum tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X