Kompas.com - 26/06/2017, 17:16 WIB
Menimbang berat badan grinvaldsMenimbang berat badan
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

Bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, benda yang paling mengerikan di dunia barangkali adalah timbangan. Angka di timbangan akan memperlihatkan apakah Anda sudah berada di jalur yang benar, atau semakin menjauh dari tujuan. Maka seringkali orang merasa deg-degan melihat angka timbangan.

Padahal menimbang badan secara teratur adalah salah satu cara yang tepat untuk melihat kemajuan usaha kita. Menurut National Weight Control Registry di AS, 75 persen orang yang sukses menurunkan berat badan adalah mereka yang teratur menginjakkan kaki di timbangan.

Selain itu, study yang dimuat di Journal of Nutrition and Dietetics menemukan bahwa orang yang berhasil menurunkan beratnya akan lebih bisa mempertahankan kondisi itu bila ia secara teratur menimbang badan.

Oleh karenanya jangan takut menimbang badan! Meski begitu, ikutilah aturan yang benar saat melakukannya agar kita mendapat hasil yang benar.

Pertama, dokter menyarankan agar kita menimbang badan setiap hari pada waktu yang sama. Alasannya, berat badan kita mengalami naik turun sepanjang hari, sehingga bila kita melakukannya di waktu yang berbeda, angka yang terbaca mungkin tidak mencerminkan kenaikan atau penurunan berat.

Pertanyaan selanjutnya adalah: kapan waktu yang tepat dalam seharian itu? Menurut para ahli nutrisi dan kesehatan, kita sebaiknya menimbang berat badan pada pagi hari, setelah kita mengosongkan perut dan sebelum kita sarapan atau berolahraga.

Hal ini tidak saja menghasilkan angka timbangan yang lebih rendah, namun kita juga mendapat angka akurat tentang berapa berat kita sebenarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, pastikan timbangan berada di permukaan yang keras dan rata, tanpa karpet, lalu letakkan kaki secara imbang di atasnya. Dengan begitu Anda akan mendapatkan angka tepat yang membuat Anda bisa mengukur kemajuan usaha Anda dalam menurunkan berat badan.

Baca: Bagaimana Membentuk Perut Six Pack?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.