Kompas.com - 13/07/2017, 11:52 WIB
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada kabar gembira bagi penggemar olahraga Triathlon. Untuk ketiga kalinya kejuaraan internasional Ironman 70.3 edisi Indonesia akan berlangsung di Pulau Bintan pada 20 Agustus 2017.

Diperkirakan ada 16 atlet tingkat dunia dan 1.200 atlet amatir atau peserta rekreasional, akan meramaikan lomba tahunan ini.

Mengapa acara ini patut diikuti? Berdasarkan survei global Ironman 70.3, lomba di Bintan ini adalah yang ketiga terbaik dunia, di bawah penyelenggaraan di Jerman dan Prancis. Selain itu, Ironman 70.3 Bintan adalah yang paling pesat perkembangannya di dunia – dengan perkembangan 60 persen sejak diadakan pertama kali pada 2015.

Hal lain yang membuat lomba ini menarik adalah rutenya. Rute sepeda dan renang di Bintan dipilih sebagai “the best long course” di Asia pada 2016 oleh Asia Tri. Sedangkan rute larinya, tahun ini telah dirancang ulang supaya lebih menarik lagi bagi para triathlete.

Baca: Triatlon, Olahraga Menantang dan Mahal?

Perlombaan ini akan dimulai pada pagi hari, dengan berenang sejauh 1,9 kilometer yang mengambil posisi start di Plaza Lagoi, pusat pengembangan pariwisata Teluk Lagoi di zona khusus Bintan Resort dari wilayah kepulauan Indonesia.

Selanjutnya, para atlet akan bersepeda sejauh 90 kilometer (satu putaran) di jalanan yang mulus dan lebar. Para partisipan akan mengakhiri lomba ini dengan berlari sejauh 21 kilometer. Jarak ini akan ditempuh dalam dua putaran, dan lintasannya cukup memudahkan triathlete, serta memiliki pemandangan lebih menarik ketimbang penyelenggaraan tahun sebelumnya.

Cut time (atau batasan waktu untuk menyelesaikan lomba) adalah 8,5 jam. Bila melebihi waktu, akan dianggap DNF atau do not finish,” ujar Nathalie Marquet, CEO of MetaSport, organizer Ironman 70.3 Bintan saat memberi keterangan di Jakarta, Rabu (12/7/2017).

Hingga saat ini, telah terdaftar atlet dari 42 negara di Ironman 70.3 Bintan 2017, termasuk pemenang tahun 2016, Fredrik Croneborg dan Kate Bevilaqua. Beberapa di antaranya peserta berharap memenangkan satu di antara 30 slot ditawarkan untuk mengikuti Ironman 70.3 2018 World Championships di Afrika Selatan tahun depan.

Hal lain yang menecengangkan adalah keikutsertaan Yee Sze Mun dari Malaysia yang berusia 80 tahun. Yee Sze Mun adalah triathlete tertua di Asia yang biasa terlihat di berbagai lomba triathlon.

Adakah hadiahnya? Karena ini perlombaan bergengsi, maka hadiahnya pun lumayan. Di kategori atlet elit, hadiah yang ditawarkan sebesar 15 ribu dolar AS. Anda tertarik mengikutinya?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.