Sering Menggendong Bayi Banyak Manfaatnya

Kompas.com - 05/09/2017, 12:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Jangan ragu untuk sering-sering menggendong dan memeluk bayi gara-gara takut bayi akan "bau tangan" atau manja. Penelitian mengungkap, menggendong lebih sering justru banyak manfaatnya.

Menggendong dan memeluk bayi bukan hanya memberikan kenyamanan, tapi juga berdampak positif bagi perkembangan otak bayi.

Peneliti dari Nationwide Children's Hospital di Ohio, AS, mengobservasi 125 bayi prematur dan yang lahir cukup bulan untuk melihat bagaimana responnya terhadap sentuhan lembut.

Hasilnya, bayi prematur cenderung memiliki respon yang lebih rendah terhadap sentuhan dibanding bayi yang cukup bulan. Bayi prematur yang banyak mendapat prosedur medis juga responnya lebih sedikit.

Walau begitu, bayi prematur yang sering mendapat sentuhan lembut orangtuanya ternyata mengalami perkembangan respon terhadap sentuhan dibanding dengan bayi yang jarang disentuh.

"Sentuhan lembut dan suportif seperti sentuhan skin-to-skin akan membantu perkembangan otak bayi," kata Dr.Nathalie Maitre, yang melakukan studi ini.

Pakar perkembangan anak dr.William Sears juga menyebutkan bahwa menggondong bayi adalah bagian penting dalam pengasuhan anak. Bayi yang sering digendong akan lebih bahagia dan memiliki ikatan kuat dengan orangtuanya.



Sumber She Knows
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X