Kompas.com - 21/09/2017, 15:00 WIB
Ilustrasi mengenakan kacamata hitam macniakIlustrasi mengenakan kacamata hitam
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Ketika Anda pergi ke toko kacamata atau melihat-lihat koleksi kacamata hitam di toko online, Anda mungkin disuguhkan dengan banyak sekali pilihan model kacamata. Tak cuma modelnya yang bermacam-macam, Anda juga harus memilih warna lensa kacamata hitam yang diinginkan. Misalnya warna cokelat tua, abu-abu, atau hijau.

Namun, sebenarnya buat apa ada warna lensa kacamata yang berbeda-beda? Sekadar untuk gaya atau ada fungsinya bagi kesehatan? Warna lensa kacamata apa yang paling baik buat mata?

Seperti kita tahu, melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet (UV) sangatlah penting. Radiasi UV dari sinar matahari tidak hanya bisa merusak kulit tapi juga kornea, lensa dan bagian mata lainnya. Paparan sinar UV juga dapat meningkatkan risiko Anda mengalami katarak dan menurunnya fungsi makula mata, yaitu area bintik mata yang paling sensitif terhadap rangsangan sinar.

Baca juga: 6 Kesalahan Memakai Kacamata Hitam

Sinar UV juga bisa memicu selaput di mata yang disebut pterygium. Selaput ini akan tumbuh dari bagian putih mata ke bagian tengah bola mata (kornea) sehingga dapat menutupi pandangan.

Kerusakan kelopak mata akibat terpapar sinar ultraviolet sama seperti kerusakan kulit lainnya di dalam tubuh manusia. Jika terjadi dalam jangka waktu lama dan tidak diantisipasi, hal tersebut memungkinkan tumbuhnya kanker.

Paparan sinar UV B intensitas tinggi dalam waktu singkat yang menerpa kornea mata berisiko menyebabkan photokeratitis. Kondisi ini dapat terjadi bila terlalu lama berjemur di pantai atau melakukan ski tanpa perlindungan mata yang baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Akan tetapi, Anda tidak boleh sembarangan memilih kacamata hitam bila ingin melindungi mata. Penting untuk membeli kacamata hitam dengan kualitas yang baik. Salah satu hal yang menentukan kualitasnya adalah warna lensa kacamata.

Ilustrasi memilih kacamataGeorgeRudy Ilustrasi memilih kacamata
Sebagian orang menyebut sunglasses sebagai kacamata hitam, walau tak semua berwarna hitam. Ada beberapa pilihan warna lensa yang memberi perlindungan lebih baik dibanding warna lainnya.

Abu-abu (grey)

Warna ini mungkin paling populer dipakai pada sunglasses dibandingkan warna lainnya. Warna abu-abu memungkinkan mata Anda melihat warna dalam bentuk aslinya. Selain itu, warna ini dapat mengurangi kecerahan dan silau. Tak heran bila lensa kacamata pilot kebanyakan berwarna abu-abu. Pilih warna lensa abu-abu untuk mengemudi dan olahraga di luar ruangan seperti golf, lari, atau bersepeda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.