Kompas.com - 27/09/2017, 08:00 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com -Disebut juga dengan pil darurat, "morning pill" memang alat kontrasepsi yang ditujuan untuk mencegah kehamilan saat lupa menggunakan kontrasepsi ketika berhubungan seksual.

General Manager Family Planning & Reproductive Health DKT Indonesia Aditya Anugrah Putra mengatakan pil darurat bukanlah untuk aborsi. Dalam artian, bila sudah terjadi pembuahan, maka kehamilan tidak bisa dicegah.

Perlu diketahui, dibutuhkan waktu sekitar 72 jam setelah sperma masuk ke vagina untuk terjadi pembuahan sel telur. Oleh karena itu, pil ini dianjurkan dikonsumsi dalam kurun waktu 72 jam sebelum sperma bertemu dengan sel telur.

Di sisi lain, pil ini memiliki dosis tinggi karena satu pil setara dengan lima pil KB. "Karena ini pil KB dengan hormon tinggi, maka memiliki kecenderungan efek samping, tapi bukan efek menakutkan," kata Aditya saat acara Hari Kontrasepsi Sedunia yang diadakan oleh KB Andalan di Jakarta, Selasa (26/9/2017).

Efek penggunaan "morning pill" tersebut antara lain mual, tidak enak badan hingga perubahan siklus menstruasi.

Bahkan, menurut dr Trisna Verani SpOG, bila pil darurat ini dikonsumsi terlalu sering dan digunakan sebagai pengganti pil KB umumnya, maka akan berdampak lebih parah seperti jadwal menstruasi yang kacau, tidak bisa mengetahui masa subur, mual berkepanjangan hingta demam.

Oleh karena itu, Trisa menyarankan agar penggunaan pil bukan sebagai pengganti pil KB yang umum.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.