Kompas.com - 03/10/2017, 08:41 WIB
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Apakah Anda pernah bertanya-tanya tentang produk perawatan khusus pria dan wanita? Mengapa pria memiliki perawatan yang berbeda?

Mungkin Anda tidak heran jika pria memiliki deodoran dan alat cukur yang berbeda dengan wanita. Namun masih banyak pertanyaan yang sering diajukan orang-orang seputar produk perawatan lain, terutama sabun muka. Jawabannya sebenarnya sangat simpel, yaitu karena kulit pria dan wanita berbeda.

Stimulasi androgen (testosteron) pada pria menyebabkan peningkatan ketebalan kulit sebanyak 25% lebih tebal dibandingkan dengan wanita. Selain itu, tekstur kulit pria juga lebih keras.

Perbedaan lain juga terdapat pada tingkat dan produksi minyak pada kulit wajah pria. Setelah pubertas, produksi sebum (minyak) pada pria akan lebih banyak dari wanita, hal tersebut berkaitan dengan sekresi androgen pada pria.

Dr Anjali Mahto, konsultan dermatolog di Cadogan Cosmetics, menerangkan bahwa pria juga lebih banyak memiliki folikel rambut dan kelenjar minyak, sehingga kulit menjadi lebih berminyak.

Selain itu, pria memiliki kepadatan kolagen yang lebih tinggi dibandingkan wanita. Karena kandungan kolagen secara langsung berhubungan dengan tanda-tanda penuaan kulit, maka dapat dikatakan bahwa kulit wanita lebih tua 15 tahun dibandingkan pria.

Namun, kebanyakan pria kurang peduli terhadap sinar ultraviolet, sehingga perbedaan 15 tahun pada kulit pun tidak terlihat karena rusaknya kulit akibat akibat sinar UV.

Baca juga: Bagaimana Memilih Sabun Mandi yang Cocok untuk Kulit?

Sabun muka untuk pria

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kulit pria lebih keras sehingga memiliki tingkat sensitivitas yang lebih kecil. Oleh karena itu, laki-laki tidak menghabiskan banyak waktu untuk melakukan perawatan, terutama pada wajah.

Banyak produsen yang merancang sabun pembersih khusus pria memformulasikan produknya untuk penggunaan pada tubuh sekaligus muka, sehingga pria akan tetap dapat melindungi wajahnya meski tanpa menggunakan sabun khusus muka.

Halaman:
Sumber


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.