Kompas.com - 17/10/2017, 13:51 WIB
Ilustrasi kopi dan hati amenic181Ilustrasi kopi dan hati
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Hati adalah organ padat paling besar yang berada di dalam tubuh manusia. Pada dasarnya, hati adalah organ yang sangat tangguh karena dapat terus bekerja meski dalam keadaan rusak. Hati akan berusaha memperbaiki dirinya sendiri sampai ia benar-benar rusak dan tidak bisa berfungsi lagi.

Lalu, bagaimana cara mencegah organ hati dari kerusakan? Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu minum kopi. Lho, bukannya kopi berbahaya buat hati seseorang? Nah, ini dia berbagai pertimbangan ilmiahnya apakah kopi bahaya buat hati atau justru bermanfaat.

Penyakit hati ada di peringkat ke-12 sebagai penyebab kematian terbesar di dunia. Penyakit ini sering kali disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, salah satunya karena sering meminum alkohol.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di  Journal of Hepatology, kopi bisa mencegah seseorang terkena fibrosis hati. Fibrosis hati adalah tahap awal penyakit gangguan hati yang dikenal dengan sirosis.

Baca juga: Satu Alasan Lagi Untuk Minum Kopi

Kandungan antioksidan yang ada di dalam kopi diyakini mampu melindungi organ hati dari kerusakan. Penelitian yang dilakukan di Rotterdam, Belanda ini melibatkan 2.424 peserta penelitian. Rata-rata umur peserta penelitian adalah 45 tahun keatas.

Setiap peserta penelitian menjalani pemeriksaan fisik secara lengkap seperti indeks massa tubuh (IMT), tinggi badan, tes darah, dan pemindaian perut untuk memeriksa kondisi organ hati dan melihat perkembangan fibrosis hati pada masing-masing peserta penelitian.

Mereka juga diberikan 389 pertanyaan mengenai kebiasaan makan dan minum untuk mengetahui asupan kopi yang mereka minum, mengingat ini adalah penelitian untuk menganalisis manfaat kopi bagi hati.

Peserta penelitian dibagi ke dalam tiga kategori sesuai dengan pola minum kopi mereka. Kategori pertama tidak mengonsumsi kopi, kategori ke dua konsumsi kopi moderat yang artinya peserta penelitian minum kopi tiga cangkir per hari, dan terakhir konsumsi kopi sering, yaitu peserta penelitian yang minum kopi lebih dari tiga cangkir per hari.

Lalu, para peneliti menganalisis hubungan antara minum kopi dan fibrosis hati. Para peneliti juga meneliti berbagai faktor seperti usia, jenis kelamin, indeks massa tubuh, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, serta aktivitas fisik dan pola makan yang sehat.

Hasilnya, ditemukan bahwa peserta penelitian yang sering minum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena fibrosis hati dan sirosis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kebiasaan Anda minum kopi memiliki efek menguntungkan, yaitu mencegah jaringan parut hati atau sirosis bahkan sebelum penyakit ini berkembang.

Baca juga: Secangkir Kopi Tiap Hari Kurangi Risiko Kanker Hati

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X