Kompas.com - 19/10/2017, 13:31 WIB
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Tidak semua orang bisa menjadi manusia super produktif, meskipun telah mencoba bekerja sepanjang waktu. Bahkan, terkadang kita merasa sibuk tetapi tidak ada satupun pekerjaan yang selesai.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa otak hanya bisa bekerja selama 8 jam dalam satu hari.

Dalam rentang waktu delapan jam tersebut, kita tetap harus beristirahat selama 17 menit setiap kali bekerja dalam durasi 52 menit. Ini terdengar seperti hanya membuang-buang waktu saja, namun ternyata efeknya membuat seseorang lebih produktif.

Baca :7 Cara Membuat Rutinitas Kerja Menjadi Lebih Sehat

Penelitian yang dilakukan oleh The Draugiem Group mengungkapkan fakta mengejutkan bahwa mereka yang bekerja tidak lebih dari delapan jam sehari, bahkan kurang, justru lebih produktif dalam hasil pekerjaannya.

Adapun penelitian dilakukan dengan bantuan apikasi DeskTime (aplikasi pelacak waktu) untuk melihat pola kerja karyawan. Ditemukan bahwa 10 persen karyawan yang paling produktif justru menerapkan alur kerja stop-and-go dengan rasio waktu serupa.

Mengapa bisa begitu? Logikanya, saat otak jenuh maka kita tidak bisa memikirkan apapun. Kita perlu menjernihkan pikiran dengan beristirahat sejenak agar pikiran kembali segar dan mampu melahirkan ide-ide cemerlang. Itu sebabnya fokus bekerja dalam jangka waktu tertentu lalu mengambil istirahat menjadi solusi yang tepat.

Bagi mereka yang tidak bisa beranjak dari meja kerja, solusinya bisa menggunakan 25 menit waktu anda untuk fokus pada pekerjaan, lalu beristirahat selama lima menit. Setelah empat kali interval waktu itu, ambilah istirahat dengan durasi lebih lama, yakni 15 menit.

Ilustrasi bekerja di rumahgpointstudio Ilustrasi bekerja di rumah
Nah, bila Anda ingin mencoba trik ini, cobalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk beristirahat :

1. Menelepon orang yang anda cintai. Anda bisa menelepon orang yang anda cintai untuk sekedar menanyakan kabar atau curhat. Mendengar suara orang yang kita cintai dapat memperbaiki suasana hati kita.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.