Kompas.com - 16/11/2017, 11:26 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com - Mengonsumsi bir ternyata tak hanya mendatangkan kenikmatan bagi para peminumnya.

Beberapa peneliti di Jerman membuat sebuah studi yang menghasilkan kesimpulan, meminum bir bisa membuat bahagia.

Seperti dikutip dari laman Daily Mail, para ilmuwan mempelajari 13.000 molekul makanan dan menemukan satu di malted barley (bahan utama dalam bir) yang mengantar ke reseptor dopamin di otak, hingga mampu membuat orang merasa bahagia.

Molekul yang disebut hordenine ini memengaruhi pengambilan keputusan, serta menunjukkan mengapa tak jarang peminum tidak dapat berhenti setelah satu gelas pertama.

Baca juga : Bir yang Diklaim Baik untuk Pencernaan

Awalnya, peneliti dari Friedrich Alexander Universität Erlangen di Nürnberg mengaku tengah mencari molekul yang akan mengaktifkan reseptor dopamin.

Profesor Monika Pischetsrieder mengaku amat terkejut saat menemukan molekul yang ada di dalam kandungan bir yang bisa mengaktifkannya.

Beberapa penelitian terdahulu juga telah mengungkapkan manfaat bir bagi kesehatan, salah satunya adalah untuk melindungi otak.

Senyawa dalam bir dapat melindungi manusia dari serangan penyakit alzheimer dan parkinson.

Kesimpulan itu merupakan hasil sebuah studi yang dilansir dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry.

Sementara, para peneliti di China menemukan, senyawa xanthohumol dalam bir dikenal memiliki manfaat antioksidan dan antikanker, yang dapat memperlambat perkembangan penyakit saraf degeneratif.

Baca juga : Ingin Membuat Bir Pletok Sendiri? Begini Caranya...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.