Tumbuh Rambut di Payudara, Apakah Normal?

Kompas.com - 22/11/2017, 21:04 WIB
Ilustrasi perempuan ariwasabiIlustrasi perempuan
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Tak hanya pada pria, rambut di daerah dada juga bisa tumbuh pada wanita. Meski tidak tumbuh lebat seperti pada dada pria, rambut ini muncul di payudara sekitar puting susu. Umumnya rambut yang tumbuh seperti rambut-rambut halus saja. Normalkah bila itu terjadi?

Jika Anda tiba-tiba melihat rambut halus tumbuh di sekitar puting susu, tak perlu khawatir. Hal itu adalah normal dan bukan merupakan gejala kelainan tertentu. Adanya folikel rambut di sekitar puting adalah biasanya muncul pada masa-masa puber.

Mengapa bisa tumbuh rambut di payudara?

1. Perubahan hormon

Kenaikan hormon testosteron pada wanita bisa menjadi penyebab munculnya rambut halus di sekitar puting susu. Hormon ini sering melonjak pada wanita muda sekitar masa puber, yang membuat tumbuhnya rambut halus di banyak tempat.

Wanita umumnya mengalami peningkatan testosteron tertinggi di usia remaja akhir memasuki usia 20 tahun.

2. Hamil

Rambut halus yang tumbuh di sekitar puting susu bisa jadi merupakan efek samping dari kehamilan. Saat hamil, hormon pada tubuh meningkat yang menyebabkan rambut tumbuh lebih cepat dan tidak mudah rontok. Setelah kehamilan, hormon Anda akan kembali normal dan rambut tambahan ini akan rontok. Jadi ingatlah rambut di sekitar puting susu ini hanya bersifat sementara.

3. Obat-obatan

Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan pertumbuhan rambut yang berlebihan, seperti testosteron, danazol, steroid anabolik, glukokortikoid, siklosporin, minoksidil, dan fenitoin.

4. Hirsutisme

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X