Ide Tampilan Bergaya "Smart Casual" - Kompas.com

Ide Tampilan Bergaya "Smart Casual"

Kompas.com - 27/11/2017, 17:43 WIB
IlustrasiDMarge Ilustrasi

KOMPAS.com - Mungkin Anda sering menerima undangan dengan dress code tampilan bergaya smart casual. Namun, apakah Anda memahami arti smart casual yang sebenarnya?

Dalam kamus The Macquarine, smart casual didefinisikan sebagai berpakaian bagus dengan gaya kasual atau santai. Sementara itu, kamus oxford mendefinisikannya sebagai gaya berpakaian yang rapi, konvensional, namun relatif informal.

Pada dasarnya tidak ada satu pengertian yang sama tentang gaya berpakaian ini. Bahkan, wikipedia pun menyebut smart casual sebagai gaya berpakaian yang tidak jelas.

Smart casual tidak berarti harus menggunakan blazer dengan celana olahraga.  Seperti namanya, tema pakaian ini menyatukan gaya formal dengan informal menjadi satu paket yang rapi. Kedengarannya seperti teka-teki, tapi gaya berpakaian ini sekarang semakin diminati.

Untuk menemukan gaya smart casual yang sesuai, mulailah dengan memahami makna kata-kata ini: smart dan casual. Pintar dulu, santai kedua.

Berikut adalah beberapa ide cara berpakaian smart casual yang bisa diterapkan dalam acara sehari-hari.

Tentukan atasan yang sesuai

Bagian atas tubuh adalah elemen fundamental yang jadi perhatian utama. Inilah atasan yang cocok untuk gaya smart casual Anda

- Blazer dan jaket

Blazer adalah cara mudah untuk menambahkan karakter dan gaya ke dalam pakaian. Untuk bagian dalaman blazer, pilih yang lebih berwarna untuk mengimbangi luaran berwarna netral. Sebaiknya pilih blazer berkualitas yang pas dengan tubuh sebagai sebuah investasi.

- Kaos

Kaos adalah bagian yang dapat diterima untuk gaya smart casual ini. Tapi, pastikan hanya menggunakannya sebagai hal dasar. Pilih yang potongannya pas badan dan tambahkan dengan aksesoris untuk memberi tekstur.

- Dasi dan Aksesoris

Bagi pria, dasi-entah dasi model biasa atau dasi kupu-kupu-adalah pilihan yang bagus. Jangan lupa untuk memakai kacamata hitam. Satu hal lagi yang bisa menunjang penampilan Anda adalah sebuah senyuman.

IlustrasiPinterest Ilustrasi

Untuk Bawahan

- Celana panjang

Hati-hati dengan celana yang terlalu panjang. Jangan menggunakan celana berbahan satin. Lebih baik Anda memilih celana berbahan katun atau Chino untuk menunjang gaya smart casual Anda.

Seperti blazer, bahan chino bersifat netral atau dapat disesuaikan dengan warna apapun. Anda juga bisa memilih bahan denim. Tapi, pilihlah wana gelap dan potongan yang pas.

- Rok

Rok pensil adalah pilihan klasik dan aman. Anda juga bisa memilih rok berpotongan lebar untuk memberi kesan feminin dan santai. Jika Anda memilih atasan polos, pilih rok bercorak. Sesuaikan bentuk dan corak rok dengan waktu acara, apakah siang atau malam.

- Celana pendek

Tergantung tema acara, untuk acara yang lebih nonformal, tak ada ruginya memilih celana pendek. Tetapi jangan memilih celana pendek yang membuat Anda seperti sedang berlibur di pantai. Pilihlah potongan yang longgar dan terlihat panjang agar pas dan sesuai dengan tubuh Anda.

- Dress

Dress adalah pilihan simpel untuk tampilan smart casual. Percantik penampilan dengan aksesoris yang sedikit besar dan sepatu heels.

- Sepatu

Gaya klasik atau detail yang unik bisa menjadi cara cerdas untuk menunjang penampilan Anda di kantor. Agar terlihat lebih kasual, para pria bisa memilih sepatu slip-on atu converse untuk acara informal. Sedangkan wanita sebaiknya tetap memakai sepatu bertumit tinggi, khususnya untuk acara yang agak formal.


EditorLusia Kus Anna
SumberDMarge

Close Ads X