Ide Tampilan Bergaya "Smart Casual"

Kompas.com - 27/11/2017, 17:43 WIB
IlustrasiDMarge Ilustrasi

KOMPAS.com - Mungkin Anda sering menerima undangan dengan dress code tampilan bergaya smart casual. Namun, apakah Anda memahami arti smart casual yang sebenarnya?

Dalam kamus The Macquarine, smart casual didefinisikan sebagai berpakaian bagus dengan gaya kasual atau santai. Sementara itu, kamus oxford mendefinisikannya sebagai gaya berpakaian yang rapi, konvensional, namun relatif informal.

Pada dasarnya tidak ada satu pengertian yang sama tentang gaya berpakaian ini. Bahkan, wikipedia pun menyebut smart casual sebagai gaya berpakaian yang tidak jelas.

Smart casual tidak berarti harus menggunakan blazer dengan celana olahraga.  Seperti namanya, tema pakaian ini menyatukan gaya formal dengan informal menjadi satu paket yang rapi. Kedengarannya seperti teka-teki, tapi gaya berpakaian ini sekarang semakin diminati.

Untuk menemukan gaya smart casual yang sesuai, mulailah dengan memahami makna kata-kata ini: smart dan casual. Pintar dulu, santai kedua.

Berikut adalah beberapa ide cara berpakaian smart casual yang bisa diterapkan dalam acara sehari-hari.

Tentukan atasan yang sesuai

Bagian atas tubuh adalah elemen fundamental yang jadi perhatian utama. Inilah atasan yang cocok untuk gaya smart casual Anda

- Blazer dan jaket

Blazer adalah cara mudah untuk menambahkan karakter dan gaya ke dalam pakaian. Untuk bagian dalaman blazer, pilih yang lebih berwarna untuk mengimbangi luaran berwarna netral. Sebaiknya pilih blazer berkualitas yang pas dengan tubuh sebagai sebuah investasi.

- Kaos

Kaos adalah bagian yang dapat diterima untuk gaya smart casual ini. Tapi, pastikan hanya menggunakannya sebagai hal dasar. Pilih yang potongannya pas badan dan tambahkan dengan aksesoris untuk memberi tekstur.

- Dasi dan Aksesoris

Halaman:


EditorLusia Kus Anna
SumberDMarge

Terkini Lainnya


Close Ads X