Baru Sebulan Sudah Bosan Nge-Gym? Ternyata Ini Sebabnya

Kompas.com - 29/11/2017, 13:14 WIB
ilustrasi bosan di gym g-stockstudioilustrasi bosan di gym
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Jika Anda termasuk pendatang baru dalam dunia kebugaran, Anda mungkin berpikir bahwa bergabung sebagai anggota gym adalah obat mujarab untuk sukses dalam meraih berat badan atau bentuk otot ideal.

Sayangnya, bila Anda memanfaatkan gym hanya untuk mencapai tujuan sementara, itu mungkin tak akan membawa banyak perubahan yang akhirnya membuat Anda cepat jenuh.

Anna Renderer, Pelatih Pribadi bersertifikat di American Council on Exercise (ACE) mengatakan, perjalanan kebugaran yang sukses adalah tentang menerapkan perubahan kecil pada gaya hidup secara bertahap dan memberikan diri Anda waktu untuk membiasakan diri, ketimbang memusatkan perhatian pada satu hal.

Meskipun keanggotaan gym adalah pilihan yang baik dalam mengejar gaya hidup aktif, namun ini bisa berdampak sebaliknya. Gym bisa saja membuat Anda jenuh dan enggan berolahraga dalam waktu lama karena beberapa sebab.

Berikut ‘kesalahan’ nge-gym yang bisa membuat semangat olahraga pudar bahkan di bulan-bulan pertama:

Hanya memainkan alat favorit

Nge-gym tidak seperti memainkan alat musik yang Anda bisa, namun mencoba segalanya agar pencapaian berat badan ideal atau pembentukan otot berjalan sukses. Misalnya, Anda hanya menggunakan treadmill atau bench press, mungkin Anda tak akan melihat kemajuan apa pun, sehingga akhirnya merasa gagal dan jenuh.

Pada dasarnya, tubuh akan beradaptasi dengan cepat terhadap gerakan yang rutin kita lakukan. Jadi jika Anda terus-terusan menggunakan alat yang sama dengan tempo yang sama, tubuh akan menghemat energi dengan mudah, pembakaran lemak serta pembentukan otot pun tak akan maksimal.

Jadi temukan cara untuk mengganti latihan Anda secara mingguan, agar efektif, sekaligus menyenangkan dan menantang. Cross-training semacam ini memungkinkan Anda untuk membentuk otot di area yang berbeda dan dapat mencegah hal-hal monoton.

Terlalu banyak menghabiskan waktu luang di gym

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Sumber MSN
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X