Mengapa Anda Terbangun 5 Menit Sebelum Alarm Berbunyi?

Kompas.com - 06/12/2017, 10:24 WIB
Ilustrasi tidur nyenyak BavorndejIlustrasi tidur nyenyak
|
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com - Jika Anda tidur dan bangun pada waktu yang relatif sama setiap malam, tubuh akan terbiasa dengan kebiasaan itu.

Jam tidur yang teratur juga akan memicu tubuh untuk meningkatkan kadar protein PER (Period Circadian).

Protein PER bertugas mengatur naik-turunnya siklus tidur yang berkaitan dengan tekanan darah dan detak jantung.

Jadi, jika Anda memiliki rutinitas tidur yang baik, tubuh akan belajar untuk meningkatkan kadar protein PER sebagai alarm alami tubuh.

Baca juga : Awas, Nafsu Makan Meningkat Saat Kurang Tidur

Biasanya, protein akan mulai meningkat 1-2 jam sebelum waktu tidur tiba, meningkatkan tekanan darah dan detak jantung.

Itulah alasan mengapa Anda bisa terbangun beberapa menit hingga satu jam sebelum alarm berbunyi.

Kondisi itu sekaligus merupakan pertanda bahwa Anda telah memiliki jam tidur yang cukup teratur selama ini.

Sebaliknya, jika Anda selalu bergantung pada alarm untuk bisa bangun dari tidur, bahkan melewatkan alarm, ini bisa menjadi tanda bahwa Anda tidak cukup tidur, atau memiliki jadwal tidur yang tidak teratur.

Tidur dan bangun pada waktu yang berbeda hampir setiap hari, dapat membuang ritme internal tubuh, yang tak hanya membuat jam bangun Anda “berantakan”, namun juga berisiko membuat Anda tetap lelah, walau sudah tidur lama.

Dengan kata lain, memiliki waktu tidur yang teratur bisa membuat Anda merasa lebih konsisten dan beristirahat dengan baik.

Baca juga : Seks, Kunci Tidur yang Lebih Nyenyak

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Sumber MSN

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X