Bikin Tato "Gelombang Suara", Gadis Ini Abadikan Suara Sang Nenek... - Kompas.com

Bikin Tato "Gelombang Suara", Gadis Ini Abadikan Suara Sang Nenek...

Kompas.com - 06/01/2018, 18:24 WIB
Sakyrah Morris, seorang remaja 19 tahun di Chicago, Amerika Serikat berhasil mengabadikan suara almarhumah neneknya dalam bentuk tato gelombang suara yang tersemat di dada kirinya.VIA FACEBOOK/ SAKYRAH MORRIS Sakyrah Morris, seorang remaja 19 tahun di Chicago, Amerika Serikat berhasil mengabadikan suara almarhumah neneknya dalam bentuk tato gelombang suara yang tersemat di dada kirinya.

KOMPAS.com - Seorang remaja 19 tahun di Chicago, Amerika Serikat berhasil mengabadikan suara almarhumah neneknya dalam bentuk tato gelombang suara yang tersemat di dada kirinya.

Gadis bernama Sakyrah Morris yang dikenal sebagai penyanyi itu, kini dapat mendengar pesan ulang tahun voicemail yang ditinggalkan sang nenek ketika Sakyrah memperingati hari lahir tahun 2015.

Suara sang nenek akan muncul sesaat setelah kamera smartphone  diarahkan ke atas tato itu.

Tato khusus itu dibuat oleh perusahaan Skin Motion menggunakan kombinasi pemrosesan audio, pengenalan gambar, dan komputasi awan.

Baca juga: Mau Bikin Tato? Jangan Buru-buru, Pelajari Dulu Saran-saran Ini...

Kepada The Telegraph, Sakyrah mengaku "sangat dekat" dengan sang nenek yang meninggal pada bulan Mei 2015, sebulan setelah dia meninggalkan pesan suara tersebut.

"Nenek selalu ada untuk mendukung saya bersekolah, dan juga dengan karir menyanyi saya," kata gadis yang adalah cucu pertama sang nenek. 

Ketika sang nenek meninggal, Sakyrah memutuskan untuk menyimpan voicemail sang nenek di banyak platform.

"Sekitar sebulan yang lalu, saat saya sedang mengerjakan salah satu lagu, saya mulai mengamati gelombang suara di layar monitor."

"Saya lalu berpikir, wah... akan sangat menyenangkan jika saya bisa membuat satu tato yang menyimpan voicemail dari nenek," kata dia.

"Setelah melakukan beberapa penelitian, saya menemukan sebuah perusahaan baru bernama Skin Motion."

Baca juga : Tato Ini Bisa Menjadi Petunjuk Kondisi Kesehatan Seseorang

"Aplikasi mereka memungkinkan saya  menautkan gambar tato ke audio pilihan, sehingga saat memegang kamera ponsel di atas tato, audio akan memutar pesan."

Skin Motion pun memiliki daftar artis tato yang mampu mengeksekusi jenis tato ini.

Tato gelombang suara diaktifkan menggunakan aplikasi smartphone yang dibuat oleh Skin Motion, bekerja sama dengan jaringan artis tato, dan platform awan dengan paten untuk tato augmented reality.

"Saya menemukan seorang seniman bernama Shane Ryder di Ritual Addictions Tattoo Shop di Arizona, dan dia melakukan pekerjaan yang menakjubkan ini," kata Sakyrah.

Sakyrah mengunggah video tato gelombang suara di dadanya pada tanggal 3 Januari lalu.

Baca juga : Tato Baru Burung Pemangsa Hiasi Leher Beckham, Apa Maknanya?

Sejak saat itu, rekaman tato Sakyrah telah disaksikan lebih dari enam juta orang, sekaligus mengilhami banyak orang untuk melakukan hal serupa.

"Tanggapan yang saya dapatkan sangat menakjubkan," kata dia.

"Begitu banyak orang sekarang terinspirasi untuk menyimpan pesan dari orang yang mereka cintai, sehingga pada suatu hari nanti mereka bisa membuat tato yang serupa."

"Saya sangat bersyukur jika tato voicemail nenek saya telah mempengaruhi banyak orang di seluruh dunia."

"Ini benar-benar luar biasa, tapi yang paling utama adalah saya sangat bahagia dengan pengalaman ini."

"Suara nenek akan selamanya ada di hati saya," ungkap Sakyrah.


EditorGlori K. Wadrianto
Komentar
Close Ads X