Kompas.com - 21/01/2018, 17:45 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sebagian besar pria pasti pernah memiliki jerawat. Tapi, bagaimana jika jerawat yang muncul lebih dari satu, keras, dan tak sembuh-sembuh.

Nah, kalau jerawat lebih dari satu dan terlihat parah—seperti kemerahan dan berukuran besar—biasanya disebut dengan jerawat batu.

Orang yang memiliki jerawat semacam ini biasanya mengalami rasa nyeri atau sakit, karena sifatnya yang menimbulkan radang.

Perlu Kamu ketahui, jerawat batu muncul saat minyak, sel kulit atau bakteri menyumbat folikel rambut, dan kemudian sistem kekebalan tubuh segera masuk untuk membersihkan. Menurut ahli dermatologi Valerie Goldburt. Bahkan, bakteri tersebut juga dapat menyebabkan infeksi.

Menurut ahli demartologi Judith Hellman, jerawat batu sangat umum terjadi pada pria karena testosteron yang memacu pertumbuhannya.

Bila tak ditangani dengan baik, jerawat batu dapat meninggalkan bekas luka permanen.

Baca juga : Ada Jerawat di ?Danger Triangle?? Jangan Dipecahkan

Obat dengan kandungan peroksida benzoil dan krim asam salisilat yang sering digunakan untuk mengobati jerawat biasa umumnya tidak ampuh mengatasi jerawat batu.

Karena itu, Kamu disarankan untuk segera konsultasi ke dokter kulit. Setelah itu, kemungkinan besar doker kulit akan memberikan resep berupa antibiotik.

Masalahnya, pada beberapa orang, jerawat batu kadang muncul kembali sesaat konsumsi antibiotik berhenti.

Baca juga : Cermati, 7 Kebiasaan yang Tak Disadari Jadi Pemicu Jerawat

Jika demikian—jerawat tidak sembuh setelah beberapa bulan—Kamu pasti akan mencari perawatan lain yang lebih ampuh seperti  Accutane (Isotretinoin), yang merupakan turunan vitamin A. 

Halaman:
Sumber menshealth


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.