Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering "Bokek" Sebelum Gajian Tiba? Ubah dengan Cara Ini

Kompas.com - 15/03/2018, 11:00 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

Sumber Mirror

KOMPAS.com - Jika kamu sering cemas karena jumlah uang di rekening semakin menipis padahal gajian masih lama, kamu tidak sendiri. Sekitar satu dari tiga generasi milenial mengalaminya.

Walau orang muda dari generasi milenial (usia 18-35) sudah bekerja dan memiliki gaji lebih besar, nyatanya mereka lebih sering mengalami masalah keuangan dibanding generasi sebelumnya.

Penelitian terbaru dari Auto Trader menunjukkan, separuh dari orang muda tidak pernah memantau "larinya" uang yang mereka keluarkan, sementara lebih dari 54 persen mengaku tidak tahu berapa jumlah pengeluaran per bulannya.

"Jika kamu tidak tahu berapa uang yang dibelanjakan, tentu sulit mengetahui apakah pengeluaran sudah berlebihan atau bagian mana yang harus diubah untuk mengontrol pengeluaran," kata Rachel Riley, duta Auto Trader.

Alasan terbesar mengapa generasi milenial sering mengalami bokek, ternyata adalah karena mereka susah disiplin pada rencana keuangan, menganggap pengaturan keuangan adalah hal yang ribet, atau karena memang malas.

Cara jadul untuk mengatur pengeluaran dimulai dengan membuat jurnal keuangan. Konsepnya sederhana, mencatat setiap pengeluaran, termasuk cicilan, biaya transportasi, sampai jajan di gerai kopi.

Kemudian setiap minggu kalkulasi jumlahnya dan lihat apakah pengeluaran itu memang kita butuhkan dan mana yang pemborosan.

Cara ini akan membuat kita sadar apakah selama ini kita sudah bijak mengeluarkan uang. Saat ini tersedia banyak aplikasi untuk membuat pencatatan ini secara mudah.

Setelah kita memiliki data pengeluaran tiap bulan, maka lebih mudah untuk membuat perubahan. Lalu buat skala prioritas pengeluaran. Misalnya membayar tagihan dulu ketika gajian. Sebaiknya beban utang tidak lebih dari 30 persen penghasilan.

Jika pengeluaran ternyata besar pasak daripada tiang, cobalah untuk menekan pengeluaran. Misalnya, daripada membeli kopi di gerai, coba belajar buat racikan kopi sendiri atau mencari alternatif transportasi yang lebih hemat.

Walau gaji terasa minim, jangan lupa untuk menyisihkan uang untuk ditabung atau investasi. Itu sebabnya cobalah untuk menghemat setiap pengeluaran yang dilakukan dengan memangkas biaya yang tidak perlu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com