Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2018, 11:47 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kehidupan di kota besar yang terlihat glamor seringkali diinginkan banyak orang. Ini terbukti dengan kepadatan penduduk di kota besar yang lebih tinggi daripada kota-kota yang notabene terletak di pinggiran.

Sayangnya, kehidupan di kota besar tersebut juga menuntut biaya yang mahal. Dilansir dari New York Post, The Economist’s Intelligence Unit baru saja merilis daftar kota metropolitan dengan biaya hidup yang dibutuhkan.

Ini menjadi bukti bahwa kota-kota impian tersebut juga membutuhkan 'tiket mahal' untuk tinggal di dalamnya. Menurut laporan tersebut, Singapura adalah kota termahal di dunia, diikuti oleh Paris, Zürich, Hong Kong dan Oslo.

Amerika yang terkenal sebagai negara super power tidak memiliki satu kota pun yang masuk dalam daftar 10 kota termahal di dunia. New York, yang terkenal sebagai kota paling mahal di Amerika, hanya menempati posisi 13 sebagai kota paling mahal di dunia.

Bahkan 5 tahun lalu, New York hanya menempati posisi 27 sebagai kota paling mahal di dunia. Kenaikan peringkat yang sangat tajam ini menunjukan begitu besarnya kenaikan biaya hidup untuk tinggal di The big apple tersebut.

Sementara itu, Los Angeles menempati peringkat 14 sebagai kota dengan biaya hidup termahal di dunia. Berikut 10 kota termahal di dunia.

1. Singapura
2. Paris, Perancis
3. Zürich, Swiss
4. Hong Kong, China
5. Oslo, Norwegia
6. Jenewa, Swiss
7. Seoul, Korea Selatan
8. Kopenhagen, Denmark
9. Tel Aviv, Israel
10. Sydney, Australia

Untuk menentukan kota mana yang paling mahal harganya, The Economist membandingkan harga komoditas dasar - seperti harga roti, sebotol anggur, harga satu pak rokok yang berisi 20 batang atau seliter bensin - pada masing-masing kota.

Di Singapura, harga rata-rata roti adalah 3,71 dolar atau setara dengan 13 ribu rupiah, harga sebotol anggur adalah 23,78 dolar atau 327 ribu rupiah. Sementara itu, 20 batang rokok di Singapura seharga 9,66 dolar atau 132 ribu rupiah dan satu liter bensin seharga 1,56 dolar atau setara dengan 21 ribu rupiah.

Di Sydney, harga sepotong roti adalah 3,99 atau 54 ribu rupiah, sebotol anggur adalah 20,49 dolar atau 281 ribu rupiah, 20 batang rokok seharga 23,89 dolar atau 328 ribu rupiah dan satu liter bensin adalah 98 sen atau sama dengan 13 ribu rupiah.

Berdasarkan laporan tersebut, hal unik dari riset ini adalah temuan bahwa kota-kota di Asia memiliki harga bahan makanan umum yang relatif tinggi dibanding kota di benua lainnya. Namun, kota-kota Eropa cenderung memiliki harga tinggi untuk barang kategori rumah tangga, perawatan pribadi, rekreasi dan hiburan.

Lalu, bagaimana dengan Indonesia. Berdasarkan laporan kompas.com pada 4 Desember 2016, Indonesia menempati posisi ke 12 sebagai negara dengan biaya hidup termurah. berikut daftar 10 besar kota termurah di dunia.

1. Damascus, Syria
2. Caracas, Venezuela
3. Almaty, Kazakhstan
4. Lagos, Nigeria
5. Bangalore, India
6. Karachi, Pakistan
7. Aljir, Aljazair
8. Chennai, India
9. Bucharest, Rumania
10. New Delhi, India

Di Damaskus, harga rata-rata roti roti adalah 60 sen atau 8 ribu rupiah, sebotol anggur adalah 3,35 dolar atau 46 ribu, 20 batang rokok seharga 1,55 dolar atau 21 ribu dan satu liter bensin adalah 50 sen atau 6 ribu rupiah.

Sementara itu, harga sepotong roti di New Delhi adalah 1,07 dolar 14 ribu, sebotol anggur adalah 19,03 dolar 261 ribu rupiah, 20 batang rokok seharga 5,11 dolar atau 70 ribu rupiah dan satu liter bensin adalah 1,07 dolar atau 14 ribu rupiah.

Beberapa kota seperti Damaskus, Caracas dan Lagos, telah mengalami perselisihan politik, dan pada beberapa kasus, telah terjadi kekerasan dan peperangan ekstrim dalam beberapa tahun terakhir.

Menurut laporan The Economist terdapat elemen risiko yang cukup besar di beberapa kota termurah di dunia. Dengan kata lain, kota dengan biaya hidup murah juga cenderung tak layak untuk ditinggali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com