Kompas.com - 23/03/2018, 16:38 WIB

KOMPAS.com - Merek kosmetik popular dari Korea Selatan Etude House melakukan penarikan (recalled) dua produknya yang dipasarkan di Singapura. Produk itu diketahui mengandung metal terlalu tinggi.

Produk tersebut adalah AC Clean-Up Mild Concealer yang memiliki nomor serial "AAH" dengan masa kedaluarsa 8 Jan 2021 dan Drawing Eyebrow Duo No.3 berwarna gray-brown dengan nomor serial "GLG" masa kedaluarsa 17 Des 2020.

Dikutip dari Channel News Asia Pihak Etude House mengatakan bahwa hanya "porsi kecil" dari concealer yang dipasarkan di Singapura dan semua sudah ditarik dari peredaran.

Produk yang bermasalah tersebut diproduksi dan dipasarkan oleh Hwasung Cosmetic, subkontraktor untuk Amorepacific, raksasa kecantikan yang memiliki merek Etude House.

Konsumen yang sudah terlanjur membeli produk tersebut bisa mengembalikannya dan mendapat pengembalian uang secara penuh atau menukarnya dengan produk lain. Demikian pernyataan dari Etude Singapura.

Disebutkan pula bahwa produk dengan nomor serial berbeda dan masa kedaluarsa berbeda telah diuji coba dan aman untuk dipakai.

Kandungan metal dalam produk kosmetik ini disebut antimony, yang bisa menyebabkan iritasi mata dan penyakit pada usus.

Kementerian Korea untuk keamanan pangan dan obat telah melarang penggunaan lebih dari 10 mikrogram antimony pergram.

Menteri Korea juga menemukan kadar antimony yang berlebihan pada produk yang dijual oleh Amoropacific, yang juga memasarkan merek Ariatum, produk kecantikan lain yang juga harus ditarik kembali.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.