Kompas.com - 29/03/2018, 08:14 WIB

KOMPAS.com - Tren olahraga terbaru dari Swedia mungkin mampu membuat kita tetap bugar sekaligus membantu menyelamatkan planet ini.

Dilansir dari laman The Independent, tren olahraga ini bernama plogging, kombinasi dari jogging dan istilah Swedia "plocka upp" yang berarti mengambil, menyapu dunia dan jalanan sampai bersih dari sampah.

Konsep olahraga ini sangat sederhana. Alih-alih menambah sampah saat melakukan joging. Mereka yang melakukan olahraga ini justru memunguti dan membuang sampah di tempatnya sebagai gantinya.

Agar lebih efektif, mereka yang melakukan olahraga ini bisa menambahkan latihan tambahan seperti melakukan gerakan membungkuk untuk mengambil sampah. Gerakan tersebut ternyata mampu menjaga denyut dan kinerja jantung.

Dan ternyata, jenis olahraga ini benar-benar mampu menjaga kebugaran tubuh dan lingkungan kita agar tetap bersih.

Berdasarkan aplikasi kebugaran Lifesum, sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan dan melacak kalori yang dibakar saat melakukan olahraga, aktivitas ramah lingkungan ini secara signifikan lebih efektif daripada hanya melakukan joging.

Saat melakukan olahraga ini, kita membutuhkan melatih kelenturan dan kekuatan lengan untuk menampung semua sampah. Hanya setengah jam melakukan olahraga ini, mampu membakar rata-rata 288 kalori. Nah, sementara joging biasa hanya mampu membakar 235 kalori dengan waktu yang sama.

Baca :Lama Olahraga yang Dianggap Efektif

Banyak yang menyukai tren olahraga terbaru ini. Buktinya, di sosial media banyak orang yang memposting foto sampah yang mereka kumpulkan saat berolahraga.

Di instagram, telah ada 3.000 prostingan tentang olahraga ini. Sementara di facebook, ada berbagai grup yang didedikasikan untuk latihan ini.

Jadi pada saat kalian pergi berolahraga, cobalah untuk melakukan joging sembari mengumpulkan sampah yang berserekan di sekitar kalian. Selain kebugaran tubuh terjaga, lingkunganmu akan bebas dari sampah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.